AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN METODE PROYEK DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL
Abstract
This research aimed to the difference between learning activity using lecturing method and project method, to know the relationship of learning activity using lecturing method and project method with the social development. This research used experiment method with the same group design. The technique of sample collection using saturated sampling, the sample of this research consist of 26 children. The research was conducted from January 16thuntill 26th 2016. The technique of data collection using observation and document. The data analyzed using comparative test and spearman rank test. Based on the result, it could be concluded that there was a difference between learning activity through lecturing method and project method. This research also that there were not positive relation between learning activity through lecturing method and were positif relation project method with the social behavior.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan metode proyek, mengetahui hubungan aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan metode proyek dengan perkembangan sosial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain same group. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dengan sampel dalam penelitian ini yaitu 26 anak.Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 26 Januari 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji komparatif dan uji spearman rank. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan metode proyek. Penelitian juga menunjukan tidak adanya hubungan positif antara aktivitas belajar menggunakan metode ceramah dan ada hubungan positif metode proyek dengan perkembangan sosial.
Kata kunci: aktivitas belajar, metode ceramah, metode proyek, dan perkembangan sosial.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Clark, S.S., Giacomantonio, S.G. 2013. Music Preferences and Empathy Toward Predicting Prosocial. Jurnal of International Bibliography of the Social Sciences. [Diakses pada tanggal 04 April 2016].
Djamarah, S.B., Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Destriati, A. 2015. Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak. Universitas Negeri Yogyakarta. [Diakses pada tanggal 03 Mei 2016]
Deswika, E. 2015. Penggunaan Metode Proyek Terhadap Sikap Kooperatif Pada AUD. Jurnal Pendidikan Anak. Universitas Lampung. Diakses pada tanggal 05 Mei 2016].
Greitemeyer, T., Osswald, S. 2010. Effect of Prosocial Video Game on Prosocial Behavior. Jurnal of International Bibliography of the Social Sciences. [Diakses pada tanggal 28 April 2016].
Hurlock, E.B. 1995. Perkembangan Anak (First Edition). Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Kartika, S. 2015. Pengaruh Aktivitas Dalam Permainan Kooperatif Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak. Universitas Lampung. [Diakses pada tanggal 19 Desember 2016].
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurhalimah, V. 2012. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. UM Surakarta. [Diakses pada tanggal 05 Mei 2016].
Notoatmodjo, S. 2003. Ilmu Perilaku dan Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Poerwati, E., Widodo, N. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
Sholihatun. 2011. Perbedaan Efektivitas Metode Ceramah dan Metode Peer Konselor Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Seks Pra Nikah. Jurnal Pendidikan Progresif. Universitas Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo. [Diakses pada tanggal 05 Mei 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.