MEDIA BAHAN BEKAS MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK

rizki fitri apriyani, Ari Sofia, Baharuddin Risyak

Abstract


The problem in this research was children low fine motoric skills aged 5-6 years old. This research aimed to determine the influence of scrap materials media toward fine motoric skills. This research was used assosiative quantitave methode. Data were collected by using observation technique with observation sheet. The sampel of this research was 20 children aged 5-6 years in B2 class at AL Hidayahs Bandar Surabaya kindergarten and it was taken by purposive sampling technique. The data analyzed by using simple linear regression analysis. The result showed that scrap materials media has a significant influence to improve children fine motor skills by 0.716 (p<0,05).

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain menggunakan bahan bekas terhadap keterampilan motorik halus. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa rubrik penilaian. Sampel penelitian ini anak usia 5-6 tahun di kelas B2 TK AL Hidayah Bandar Surabaya berjumlah 20 diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukan terdapat pengaruh bermain menggunakan bahan bekas terhadap keterampilan motorik halus anak sebesar 0,716 (p<0,05).

Kata Kunci: anak usia dini, bermain, media, motorik halus.

References


Alton, S. 2005. Fine Motor Skills in Children with Downs Syndrome. [Online]. Tersedia di http://webfronter.com/greenwich/STEPS/other/DSAInfosheet-FineMotor%5B1%5D.pdf. [diakses 27 April 2016].

Catron, C.E, & Allen, J. 1999. Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New Jersey: Merril, Prentice-Hall.

Decaprio, R. 2013. Aplikasi Teori Perkembangan Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Docket, S., & Fleer, M. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood-Bending the Rules. Sidney: Harcout.

Garvey. 1990. Play: Developing Child. Massachusetts: Harvard University Press.

Grissmer, D., Aiyer, S. M., Grimm, K. J., & Steele, J. S. 2010. Fine Motor Skilss and Early Comprehension of the World: Two New School Readiness Indicators. Jurnal Development Psychology. [Online]. Vol. 46, No. 5, Tersedia di https://www.researchgate.net/profile/Sophie_Aiyer/publication/46168952_Fine_Motor_Skills_and_Early_Comprehension_of_the_World_Two_New_School_Readiness_Indicators/links/561bf9fd08ae044edbb38c3f.pdf. [diakses 28 April 2016].

Fadillah, M. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Hildebrand, V. 1986. Iintroduction to Early Childhood Education, 4^th, ed. New York: Mac Millan Publishing Co.

Hurlock, E.B. 2013. Child Development: Perkembangan Anak. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Husein, A. 2002. Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olahraga Masyarakat-Ditjen Olahraga.

Jamaris, M. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniawan, A. 2011. SPSS Serba Serbi Analisa Statistika dengan Cepat dan Mudah. Jakarta: Jasakom.

Latif, M. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurazizah, A. 2015. Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Pemanfaatan Media Daur Ulang. [Online]. Tersedia di http://kd-cibiru.upi.edu/jurnal/index.php/antologipaud/article/download/450/368. [diakses 14 Mei 2016].

Pica, R. 2008. Learning by Leaps and Bounds. [Online]. Tersedia di https://www.naeyc.org. [diakses 27 April 2016].

Putri, A.L. 2016. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Prakarya Menggunakan Bahan Bekas Di Kelompok B2 TK PAPAHAN 03 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Kumara Cendekia. [Online] Vol. 4, No.1. Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id. [diakses 28 April 2016].

Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Saputra, Y.M, & Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Sari, K.E. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Jurnal Pesona PAUD. [Online]. Volume.1, No.1, Tersedia di http://www.ejournal.unp.ac.id. [diakses 28 April 2016].

Soetjiningsih, C.H. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Sujiono, Y.N. 2013. Konsep DasarPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, Y.N & Sujiono, B. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Widyaastuti, S.B., Soedjatmiko, Firmansyah, A. 2005. Growth and Development Profile of Children at Two Day Care Center In Jakarta. Original article. [Online]. Vol. 45, No. 11-22. Tersedia di paediatricaindonesiana.org/pdffile/45-11-12-8.pdf. [diakses 29 April 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats