PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP SIKAP KOOPERATIF PADA ANAK USIA DINI

Elda Deswika, sasmiati sasmiati, Baharuddin Risyak

Abstract


The research problem was early childhood cooperative attitude that underdeveloped. The study aimed to describe the relation between the use of project method with early childhood cooperative attitude. The research was correlational research. The subjects of this study were children age 5-6 in Early Childhood Education Al-Ikhlas Padang Manis of Pesawaran Academic Year 2014/2015. Data collection technique was using the method of observation and documentation. Results were analyzed with Spearman Rank Correlation. Based on the result, it can be concluded that there is a positive relation between the projectmethod with early childhood cooperative attitude. Therefore, the use of project method can be used as an alternative to learning in early childhood education, especially in developing the early childhood cooperative attitude.

Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan sikap kooperatif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode proyek dengan sikap kooperatifanak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Ikhlas Padang Manis Pesawaran Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan Korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat dan bernilai positif antara penggunaan metode proyek dengan sikap kooperatif anak usia dini. Oleh sebab itu hendaknya penggunaan metode proyek dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam mengembangkan sikap kooperatif anak usia dini.

Kata Kunci: metode proyek, sikap kooperatif, anak usia dini.


References


Aisyah, S, dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ahmadi, A. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, R. A dan Byrne, D. 2004. Psikologi Sosial. Jilid 1. Edisi 10. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58. Jakarta: Balai Pustaka.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurlaily, S. 2006. Proses Pembelajaran dengan Metode Proyek Melalui Kegiatan Berkebun dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. tesis tidak diterbitkan. Bandung: Pascasarjana UPI.

Santrok. 2011. Masa Perkembangan Anak Edisi 11 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono. 2007. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: PAUD-FIP-UNJ.

Undang-undang. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats