KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI KECAMATAN KEMILING

Dwi Puji Rahayu, sasimati sasmiati, Baharuddin Risyak

Abstract


The purpose of this study was to describe the competence of early childhood teachers in the district Kemiling in designing learning. This research used descriptive method. The population of this research was all early childhood teachers in the district Kemiling totaling 75 people. In this study, it used saturated sampling techniques. Data collection techniques were using documentation studies and interviews. The collected data were then being analyzed, using a mix of data analysis of quantitative-qualitative. The results of research and analysis of the study showed that not all early childhood teachers in the District Kemiling have equal competence in designing learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi guru PAUD di Kecamatan Kemiling dalam mendesain pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PAUD di Kecamatan Kemiling yang berjumlah 75 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan studi dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis, menggunakan analisis data campuran kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian dan analisis penelitian menunjukkan bahwa belum semua guru PAUD di Kecamatan Kemiling memiliki kompetensi yang setara dalam mendesain pembelajaran.

Kata Kunci: kompetensi, mendesain pembelajaran, guru PAUD.


References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fadlillah, M. 2012 Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Peraturan Menteri. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran EDISI KEDUA. Bandung: Grafindo Persada.

Undang-Undang. 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Uno, H.B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, H.B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yaumi, M. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats