PERMAINAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN DAN HURUF ANAK
Abstract
The research problem of this study the lack of instructional media that commonly used in children literacy learning aged 5-6 years old. The purpose of this study was to determine the influences of card games toward children ability in knowing letters and numbers. The research method used experimental design with one-shot case study. Samples of this study were 20 children aged 5-6 years old. The instrument used observation guide with check list form. Based on simple linear regression analysis, it was concluded that there was a positive influences between card game toward children ability in knowing letters and numbers.
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam mengenalkan lambing bilangan dan huruf pada anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan kartu angka dan huruf terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan dan huruf anak usia 5-6 tahun di TK Istiqlal Rajabasa Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen tipe one-shot case study. Sampel yang diambil berjumlah 20 anak. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dengan bentuk chek list. Hasil uji analisis regresi linier sederhana menunjukkan terdapat pengaruh positif antara permainan kartu angka dan huruf terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan dan huruf.
Kata Kunci: permainan kartu, lambang bilangan, lambang huruf
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ambarini, V. 2006. Kartu Pintar Huruf. Jakarta : Gramedia Jakarta.
Dardjowidjojo, S. 2003. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Hariyanto, A. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta : Diva Press.
Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Hasan, M. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : DIVA Press.
Inawati, M. 2011. Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan melalui Metode Bermain Alat Manipulatif. Jurnal Penabur No.16
Kurniawan, H. 2002. Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berhitung. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Lestari, D. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A di TK ABA Jimbung I, Kalikotes, Klaten. Yogyakarta : Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi
Nova, S. 2012. Pengaruh Permainan Kartu Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Dikelompok B3 RA DEPAG 1 Palu Barat. Palu : Skripsi
Raharjo, K. 2010. Kamus Matematika Bergambar. Jakarta : Grasindo
Sitorus, J.T. 2008 . Efektifitas Media Mangkok Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Skripsi. Padang : Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UN
Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta : FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sujiono, Y.N. 2007. Konsep Dasar PAUD. Jakarta : UNJ.
Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana
Trisniawati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta. Skripsi
Yus, A. 2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Depdiknas : Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.