PERMAINAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN DAN HURUF ANAK

Heni Oktina, Riswanti Rini, Asih Budi Kurniawati

Abstract


The research problem of this study the lack of instructional media that commonly used in children literacy learning aged 5-6 years old. The purpose of this study was to determine the influences of card games toward children ability in knowing letters and numbers. The research method used experimental design with one-shot case study. Samples of this study were 20 children aged 5-6 years old. The instrument used observation guide with check list form. Based on simple linear regression analysis, it was concluded that there was a positive influences between card game toward children ability in knowing letters and numbers.

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam mengenalkan lambing bilangan dan huruf pada anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan kartu angka dan huruf terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan dan huruf anak usia 5-6 tahun di TK Istiqlal Rajabasa Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen tipe one-shot case study. Sampel yang diambil berjumlah 20 anak. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dengan bentuk chek list. Hasil uji analisis regresi linier sederhana menunjukkan terdapat pengaruh positif antara permainan kartu angka dan huruf terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan dan huruf.

Kata Kunci: permainan kartu, lambang bilangan, lambang huruf


References


Ambarini, V. 2006. Kartu Pintar Huruf. Jakarta : Gramedia Jakarta.

Dardjowidjojo, S. 2003. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Hariyanto, A. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta : Diva Press.

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Hasan, M. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : DIVA Press.

Inawati, M. 2011. Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan melalui Metode Bermain Alat Manipulatif. Jurnal Penabur No.16

Kurniawan, H. 2002. Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berhitung. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Lestari, D. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A di TK ABA Jimbung I, Kalikotes, Klaten. Yogyakarta : Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi

Nova, S. 2012. Pengaruh Permainan Kartu Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Dikelompok B3 RA DEPAG 1 Palu Barat. Palu : Skripsi

Raharjo, K. 2010. Kamus Matematika Bergambar. Jakarta : Grasindo

Sitorus, J.T. 2008 . Efektifitas Media Mangkok Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Skripsi. Padang : Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UN

Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta : FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sujiono, Y.N. 2007. Konsep Dasar PAUD. Jakarta : UNJ.

Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana

Trisniawati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta. Skripsi

Yus, A. 2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Depdiknas : Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats