AKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK

Ninda Kariza, M Thoha BS Jaya, Een Yayah Haenillah

Abstract


Problem in this study was childrens low ability to recognize the symbol of numbers aged 5-6 years in PAUD Andini Bandar Lampung. This study aimed to determine the differences of activity in using manipulative media with the activity without using manipulative media and also to determine childrens ability to recognize the symbol of numbers with conventional learning and manipulative media learning aged 5-6 years in PAUD Andini Sukarame Bandar Lampung.The result showed that there was a significant differences between activity using manipulative mediawith the activity without using manipulative media and there was alsoa significant differences in childrens ability to recognize the symbol of numbers with conventional learning and manipulative media learning in early childhood aged 5-6 years in PAUD AndiniSukarame Bandar Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Andini Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas penggunaan media manipulatif dengan aktivitas yang tanpa media manipulatif serta untuk mengetahui kemampuan mengenal lambang bilangan dengan pembelajaran konvensional dan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan pembelajaran media manipulatif pada anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Andini Sukarame Bandar Lampung.Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang nyata aktivitas penggunaan media manipulatif dengan aktivitas yang tanpa media manipulatif pada anak usia dini dan ada perbedaan yang meyakinkan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan pembelajaran konvensional dan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan pembelajaran media manipulatif pada anak usia dini 5-6tahun di PAUD Andini Sukarame Bandar Lampung.

Kata Kunci:aktivitas, media manipulatif, lambang bilangan.


References


Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rajawali Press.

Aqib, Z. 2014. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya. 144 hlm.

Baharudin & Wahyuni, Esa. N. 2007.Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Fadillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pakasi, S. 1970. Didaktif berhitung serta metodeik khusus untuk kelas I dan II. Jakarta: Bharatara

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia 2009Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Depdikbud.

Sanjaya, W. 2005.Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Undang Undang Republik Indonesia. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Yusri. 2009. Statistika Sosial, Edisi pertama Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats