PENGGUNAAN MEDIA BALOK HURUF PADA KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK

Siti Laras Andiyani, Ari Sofia, Riswandi M.Pd

Abstract


The background of the this study was the low ability of children in knowing the letters. The purpose of this research was to recognize the increasing of children ability in knowing letters through the use of beams letters media. The study was qualitative research. The research subjects were 16 children, aged 5-6 years old in Beringin Raya kindergarden Bandar Lampung. Data were collected by observations and personal documents. Data were analyzed by using descriptive analysis. The research showed there is an increasing of children knowing letters ability through beams letters media.

Penelitian ini berlatar belakang dari kemampuan mengenal huruf anak yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan melalui penggunaan media balok huruf dalam kemampuan mengenal huruf, sehingga mampu mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan pada kelompok B2 usia 5-6 tahun dengan subjek sebanyak 16 anak di TK Beringin Raya Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan personal documents. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan mengenal huruf anak melalui media balok huruf.

Kata Kunci: mengenal huruf, media balok huruf, anak usia dini.


References


Hisna. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Balok Huruf Taman Kanak-kanak Pasaman Barat http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100870&val=1492. di November 2014.

Papalia, D. E. dkk. 2008. Human Development. Kencana. Jakarta: Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sujiono, Y. N. 2007. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sukmadinata, N. S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syofiani, W. 2012. Peningkatan Membaca Anak Melalui Permainan Dadu Kata Bergambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Naras Pariaman http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/download/1665/1434. di November 2014.

Wiley, J. dan Sons. 1984. Introduction to Qualitative Research Methods. America: United States of America.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats