EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Muhammad Elcho Binawan, Rini Asnawati, Arnelis Djalil

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of Reciprocal Teaching model viewed by students understanding of mathematical concepts. The design which was used was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade eight of SMP IT Nurul Iman Pesawaran in academic year of 2014/2015. The samples of this research were students of VIIA and VIIB class that were determined by purposive random sampling. The data of students understanding of mathematical concepts were obtained by essay test. Based on the result of this research, it was concluded that the implementation of reciprocal teaching model was effective viewed by the students understanding of mathematical concepts and more effective than conventional learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model reciprocal teaching ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Nurul Iman Pesawaran tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model reciprocal teaching efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa, serta lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, reciprocal teaching


Full Text:

PDF

References


Fajarwati, Munifah Sri. 2010. Penerapan Model Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Akuntansi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. [http://eprints.uny.ac.id., diakses pada 28 Maret 2015].

Mullis, Ina V. S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results In Mathematics. [Online]. [http://timssandpirls.bc.edu., diakses pada 23 Maret 2015].

OECD. 2013. PISA 2012 Result in Focus. [Online]. [http://oecd.org., diakses pada 23 Maret 2015].

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.

Zulaihah, Nur. 2014. Pembelajaran Reciprocal Teaching Model dengan Startegi Motivasi ARCS Mampu Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No. 1, 2014. [Online]. [http://jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses pada 24 Maret 2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.