EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Agung Cahyono, Tina Yunarti, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of socrates contextual learning in developing students mathematical critical thinking ability. The design of this research was one-group pretest-posttest. The population of this research was all students of grade seven of SMPN 19 Bandarlampung in academic year of 2014/2015. The sample of this reseacrh was students of VIIB class that was chosen by purposive sampling technique. The data of this research were obtained by test of mathematical critical thinking ability. The analysis data of this research used pair sample t-test and proportion test. Based on the results and discussion, it was concluded that socrates contextual learning was not effective in developing students mathematical critical thinking ability.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran socrates kontekstual dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Desain penelitian ini adalah one-group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t observasi berpasangan dan uji proporsi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran socrates kontekstual tidak efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, berpikir kritis matematis, socrates kontekstual


Full Text:

PDF

References


Al Qhomairi, Arifan. 2013. Metode Socrates Kontekstual Ditinjau dari Proses Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Volume 2, Nomor 1, Tahun 2014. [Online]. [http://jurnal.fkip.unila.ac.id, diakses Juli 2015].

Ariani, M. A. S., Ristiati, N. P., Setiawan, I. G. A. N. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 4, Tahun 2014. [Online]. [http://pasca.undiksha.ac.id, diakses Agustus 2015].

Depdiknas. 2006. Standar Isi. [Online]. [http://www.aidsindonesia.or.id, diakses Desember 2014].

Hasruddin. 2009. Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa PPS Unimed Volume 6 Nomor 1, Juni 2009. [Online]. [http://digilib.unimed.ac.id, diakses Agustus 2015].

Kesuma, Andyka Martha. 2012. Pembelajaran Socrates dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Proses Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Volume 1, Nomor 9, Tahun 2013. [Online]. [http://jurnal.fkip.unila.ac.id, diakses Juli 2015].

Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

PISA. 2012. PISA 2012 Result In Focus (What 15-Year-Olds Know and What They Can Do With What They Know). [Online]. [http://www.oecd.org, diakses Desember 2014].

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

TIMSS. 2011. TIMSS Result. [Online]. [http://timssandpirls.bc.edu, diakses Desember 2014].

Turohmah, Nur Azizah. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. [online]. [http://repository.uinjkt.ac.id, diakses Juni 2015].

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Siswa SMA. Disertasi. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.