PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHANAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Hesti Lestari, Haninda Bharata, Sri Hastuti Noer

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of problem posing viewed by student's ability of understanding of mathematical concepts. This research used post-test only control design. The population of this research was all grade 7th students of SMPN 8 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015. By purposive random sampling technique, it was chosen students of VII.L and VII.I class as research samples. Based on the result of testing hypothesis, it was obtained that the average of the students ability of mathematical concepts with problem posing approach was higher than average of students ability of mathematical concepts with conventional learning. Thus,problem posing approach affects towards students ability of mathematical concepts.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik purposive random sampling terpilih kelas VII L dan VII I sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran problem posing lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pendekatan, problem posing

Full Text:

PDF

References


Daryanto, Mulyo dan Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Irwan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal UPI. Vol. 1 No. 12. [Online]. Tersedia di http://jurnal.upi.edu. Diakses pada 03 Desember 2014.

Jihad, Asep, dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Masyitoh, Fitria. 2013. Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Unila. Vol. 1 No. 6. [Online]. Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada 04 Juli 2014.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, Pierre, and Arora, Alka. 2012. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2011 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS and PIRLS International Study Center.

Ruseffendi, E. T. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Tarsito.

Siroj dan Rusdi. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 6 Palembang, Sumatra Selatan. Jurnal Unsri. [Online]. Tersedia di http://ejurnal.unsri.ac.id. Diakses pada 04 Juli 2014.

Sukesi, Wahyu. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Unila. Vol. 2 No. 3. [Online]. Tersedia: http://jurnal.fkip.unila.ac.id. diakses pada 03 Desember 2014.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.