EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DIKAJI DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Rosalia Deviana Cahyaningrum, Tina Yunarti, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of Socrates Contextual Learning viewed by students mathematical critical thinking ability. The research design which was used was one-group pretest-posttest. The population of this research was all of students of grade VII of SMP Negeri 8 Bandarlampung in academic year of 2014/2015. The sample of this research was students of VII J class that was chosen by purposive sampling technique. The data of the research were collected by students mathematical critical thinking ability test which was analyzed by the right side of paired sample t-test and proportion test. Based on the result of the research, it was concluded that Socrates Contextual Learning was not effective viewed by students mathematical critical thinking ability.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Pembelajaran Socrates Kontekstual dikaji dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII J yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dianalisis menggunakan paired sample t-test pihak kanan dan uji proporsi pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Socrates Kontekstual tidak efektif dikaji dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Kata kunci: berpikir kritis matematis, kontekstual, Socrates


Full Text:

PDF

References


Brookfield, Stephen D. dan Preskill. 2005. Discussion as a Way of Teaching. [Online]. Tersedia di http://www.elon.edu. [Maret 2015].

Education, Manitoba. 2015. Assessment and Evaluation: The Role of Assessment in Learning. [Online]. Tersedia di http://www.edu.gov.mb.ca. [Maret 2015].

Edwards, Clifford H. 1997. Promoting Student Inquiry. Volume 4. Nomor 7 [Online]. Tersedia di http://www.exploratorium.edu. [Maret 2015].

Facione, Peter A. 1990. Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus For Purposes of Educational Assessment And Instruction. [Online]. Tersedia di http://assessment.aas.duke.edu. [Oktober 2014].

Frijters, S. 2008. Effects of Dialogic Learning on Value-Loaded Critical Thinking. [Online]. Tersedia di http://dare.uva.nl. [Maret 2015].

Hasibuan, J. J. 1986. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hikasa, Mako. 2012. The Benefits of Focusing: A Qualitative Analysis of Thirty Interviews with Focusers. [Online]. Tersedia di http://www.focusing.org. [Maret 2015].

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Liberna, Hawa. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif 2(3): 190-197 [Online]. Tersedia di http://www.unindra.ac.id. [Oktober 2014].

Rabinowitz, Phil dan Stephen B. Fawcett. 2014. Section 5. Collecting and Analyzing Data. [Online]. Tersedia di http://ctb.ku.edu. [Maret 2015].

Rohayati, A. 2005. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Matematika melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Takwin, Bagus. 2015. Mengajar Anak Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia di http://staff.ui.ac.id. [Maret 2015].

Togala, Zulrahmat. 2013. Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru, Titik Awal Menuju Pendidikan Berkualitas. [Online]. Tersedia di http://www.academia.edu. [Maret 2015].

Wulansari, Nike. 2013. Penerapan Metode Socrates Melalui Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Yuliati, Yuli. 2013. Pengaruh Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. [Online]. Tersedia di http://www.repository.upi.edu. [Maret 2015].

Yunarti, T. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.