PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DENGAN TPS
Abstract
The purpose of this research was to know the difference of students mathematical conceptual understanding which used cooperative learning model of TSTS and TPS type. This research population was all students of grade 10th of SMK Negeri 2 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 that was distributed into fifteen classes, then it was chosen 2 classes as samples by purposive sampling technique. This research data were obtained by test of understanding mathematical concepts. Based on the result of research, it could be concluded that there was the difference of students mathematical conceptual understanding, that was students mathematical conceptual understanding which followed cooperative learning model of TSTS type was higher than TPS.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan TPS. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam lima belas kelas, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa, yaitu pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih tinggi dari TPS.
Kata kunci: pemahaman konsep, TPS, TSTS
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasardan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Tersedia di http//www.p4tkmatematika.org. [15 November 2014].
Mullis, V.S.I., Martim, M.O., Foy, P. & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Tersedia: http//timss.bc.edu. [8 September 2014].
OECD. 2010. PISA Result: What Student Know and Can Do Performance In Reading, Mathematics and Science (Volume 1) Tersedia di http//www.oecd.org. [8 September 2014].
Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.