EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Rizka Silvianti, Haninda Bharata, M. Coesamin

Abstract


This quasi-experimental study aimed to determine the effectiveness of cooperative learning model of jigsaw type viewed by students understanding of mathematical concepts. The population of this study was all grade eighth students of SMP Negeri 2 Abung Tinggi second semester in academic year of 2014/2015 that was distributed into two classes. By purposive sampling technique, it was chosen students of VIII-B class as the sample. The design of this study was one shot case study. The data were collected by the test of understanding of mathematical concepts. Based on the results of the data analysis, the percentage of students who have good understanding the mathematical concepts in cooperative learning of jigsaw type was over 60%. Based on this study, it was gotten the conclusion that cooperative learning model of jigsaw type was effective viewed by students' understanding of mathematical concepts.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Abung Tinggi semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam dua kelas. Dengan teknik purposive sampling terpilih siswa kelas VIII-B sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah one shot case study. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memahami konsep matematis dengan baik pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih dari 60%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, jigsaw, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Sugianto; Armanto, Dian; Harahap, Mara Bangun. 2014. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika. Universitas Negeri Medan. [Online]. Tersedia: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id. (diakses pada 27 November 2014).

Suherman, Erman; Turmudi; Suryadi, Didi; Suhendra; Prabawanto, Sufyani; Nurjanah; Rohayati, Ade. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sutikno, M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif Apa dan Bagaimana Mengupayakannya. Mataram: NTP Pres.

Suwarno. 2007. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Jigsaw (PTK pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 4 Sukoharjo). Jurnal Pendidikan, Jilid 16, Nomor 2, Juli 2007. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. [Online]. Tersedia: http://ejurnal.veteranbantara.ac.id. (diakses pada 5 Januari 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.