PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of TPS type towards students mathematical conceptual understanding. This research used the one-shot case study design. The population of this research was all grade 8th students of SMPN 8 Bandar Lampung in the academic year of 2014/2015.The sample of the research was students of VIII A class that were determined by purposive sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical conceptual understanding. Based on data analysis, the cooperative learning model of TPS affects towards students mathematical conceptual understanding.
Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan the one-shot case study design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang ditentukan dengan teknik purposive sampling.Data penelitan ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, TPS
Full Text:
PDFReferences
Fristadi, Restu. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Huda, Mifhtahul. 2013. Cooperative Learning, Metode, Teknik dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Kerjasama JICA dengan FMIPA Universitas Negeri Malang.
Mullis, I. V. S., M. O. Martin, P. Foy, dan Alka Arora. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Amsterdam: TIMSS & PIRLS International Study Center dan International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).
Slavin E. Robert. 2008. Cooperative Learning, Teori Riset dan Praktik. Terjemahan N. Yusron. Bandung: Nusa Media.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.