EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DITINJAU DARI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Wulan Kusuma Wardani, Rini Asnawati, Sugeng Sutiarso

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of the cooperative learning model of think talk write (TTW) type viewed by the increasing of student`s mathematical communication ability. The population of this research was all students of grade 8th of Junior High School 3 Jati Agung, even semester in academic year of 2014/2015 which was distributed into five classes, then it was chosen two classes as samples by purposive random sampling technique. The design which was used was a pre-test post-test control group. Based on the analysis of data, cooperative learning model of TTW type was less effective to increase student`s mathematical communication ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) ditinjau dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam lima kelas, kemudian dipilih dua kelas sebagai sampel menggunakan teknik purposive random sampling.Desain yang digunakan yaitu pre-test post-test control group.Berdasarkan analisis data, model pembelajaran kooperatif tipe TTW kurang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, kemampuan komunikasi matematis, TTW

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, Umi. 2012. Efektivitas Strategi Pembelajaran Tipe TTW Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Husna. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2, April 2013, ISSN: 2302-5158. [Online]. Tersedia di http://www.jurnal.unsyiah.ac.id. [09 Oktober 2014].

Oktarini, Iisy Mayasir. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Simanjuntak, Lisnawaty. 1993. Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Wijaya, Aan Pirta. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Yamin, H. M. dan Bansu I. A. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.