PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DAN NHT

Laili Fauziah Sufi, Haninda Bharata, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the differences of students understanding of mathematical concepts in cooperative learning model of think talk write (TTW) and numbered heads together (NHT) type with posttest only design. The population of this research was all students of grade 7th of MTs Mathlaul Anwar Gisting, even semester in academic year of 2014/2015. The samples of this research were students of VII.D and VII.E which were taken by purposive random sampling. Based on the result of research, it was gotten the conclusion that the students understanding of mathematical concepts in cooperative learning model of TTW type was higher than students understanding of mathematical concepts in the cooperative learning model of NHT type.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dan numbered heads together (NHT) dengan posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mathlaul Anwar Gisting semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.D dan kelas VII.E yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Kata kunci: NHT, pemahaman konsep matematis, TTW


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chandra, Kaheppi Ade. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Kelas VIII SMPN 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2012/2013). [Skripsi]. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Hasanah, Ummi. 2012. Efektivitas Strategi Pembelajaran Tipe TTW Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). [Skripsi]. Bandarlampung: Universitas Lampung

OECD. 2013. Pisa 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and what They Can Do with What They Know. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org. (diakses pada 26 Oktober 2014).

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sulaeman, Mandaputera. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran TTW untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika pada Siswa SMKN 1 Cilaku. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu. (diakses pada 26 Oktober 2014).

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yamin, H.M, dan Ansari, Bansu I. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.