EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI TAPPS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Ni Made Ratna Wijaya, Arnelis Djalil, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectivenessof theTAPPS learning strategy viewed by students communication mathematical ability.This research used one shot case study design.The population of this research was all of studentsof grade 7th of SMP Negeri 1 Seputih Raman in the academic year of 2014/2015.The sample of this research was students in VII-A class which was chosen by purposive sampling technique.This research concluded that learning with TAPPS strategy was not effective viewed by students communication mathematical ability.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan dengan strategi TAPPS ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan one shot case study design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Seputih Raman. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi TAPPS tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, strategi TAPPS


Full Text:

PDF

References


Eggen, Paul dan Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Johnson dan Chung. 1999. The Effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) on the Troubleshooting Ability Aviation Technician Students. Jurnal of Industrial Teacher Education (Volume 37, Number 1). [Online]. Tersedia di http://scholar.lib.vt.edu. diakses pada 25 Oktober 2014.

Juwita, Jennie Nuari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Munandar, Beni. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics: The Learning Principles. [Online]. Tersedia di http://nctm.org. diakses pada 25 Oktober 2014.

OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with They Know. Paris: OECD.

Simanjutak, Lisnawaty.1993. Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilawati, Evi. 2013. Pengaruh Pembelajaran Dengan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.