EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBING-PROMPTING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Latifah Mulyadi, Rini Asnawati, Haninda Bharata

Abstract


This quasi-experimental research aimed to know the effectiveness of probing-prompting model viewed by students critical thinking ability. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Negeri 9 Bandarlampung in academic year of 2014/2015 that consist of 7 classes. The sample of this research was students of VIII-C which was taken by purposive sampling technique. This research design was one shot case study. Instrument of this research was essay test of critical thinking. Based on the analysis of data, the percentage of students who have good critical thinking ability was less than 60%. Thus, probing-prompting model was less effective viewed by critical thinking ability.

Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model probing-prompting ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah one shot case study. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dengan baik kurang dari 60%. Dengan demikian, model probing-prompting tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: berpikir kritis, efektivitas, probing-prompting


Full Text:

PDF

References


Herawati, C. 2006. Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi. Bandung: UPI.

Muflihin. 2010. Pembelajaran Matematika dengan Teknik Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi. Bandung: UPI.

Nugraha, Ade Yuniarsa. 2012. Pengembangan Model Bahan Ajar Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif (Cognitive Conflict) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi. Bandung: UPI.

Suherman, Erman. 2008. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hand Out. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.