PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DAN TPS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Asih Purwaningsih, M. Coesamin, Pentatito Gunowibowo

Abstract


The purpose of this research was to determine the differences between students understanding of mathematical concepts using the cooperative learning of numbered heads together and think pair share type. This research population was all students of grade 11th of MIA of SMA Negeri 1 Terusan Nunyai in academic year of 2014/2015 that was distributed into four classes, then it was taken two classes as samples by purposive sampling technique. This research data were obtained by test of mathematical understanding concepts. Based on the result of research, it could be concluded that theres no difference of students mathematical understanding concepts using the cooperative learning of numbered heads together and think pair share type.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan think pair share. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan think pair share.

Kata kunci: numbered heads together, pemahaman konsep, think pair share


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Staregi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hanafiah dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Belajar. Bandung: Refika Aditama.

Iru, La dan Arihi, La Ode Saifun. 2012. Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Martin, O Michael. 2012. TIMSS 2011 International Results in Science. United States: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, B. Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.