PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

I Gede Redasta, Rini Asnawati, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effect of cooperative learning model of two stay two stray type towards students mathematical conceptual understanding.The design of this research was posttest only control design.The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 20 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 that was distributed into seven classes. By purposive sampling technique, two classes were chosen as samples. The research data were obtained by test of students mathematical conceptual understanding. Based on data analysis by t-test, it was concluded that the cooperative learning model ofTSTS type has a positive effect towards students mathematical conceptual understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 20 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Dengan teknik purposive sampling, terpilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data dengan uji t, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: konvensional, pemahaman konsep matematis, TSTS


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Menurun. http://health.kompas.com. Diakses pada 12 Oktober 2014.

Siberman. 2000. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Jakarta: Yappendis.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ulfah, Fitriah. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.