PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the influence of cooperative learning model of TPS type towards students mathematical communication skills. The population of this research was regular students of grade 9th of SMPN 1 Abung Selatan in academic year of 2013/2014. The samples of this research were students of IX-D and IX-F class that were determined by purposive sampling technique. The design of this research was post-test only control group design. Based on the result of this research, it was obtained that the students mathematical communication skills by cooperative learning model of TPS type was lower than conventional learning. Thus, it could be concluded that the cooperative learning model of TPS type has no positive affect towards the students mathematical communication skills.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX reguler SMPN 1 Abung Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX D dan IX F yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih rendah daripada model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, TPS
Full Text:
PDFReferences
Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Asmin. 2003. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik dan Kendala yang Muncul di Lapangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 44.
Azizah, Siti Maryam Noer. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Kuasi Eksperimen di SMPN 3 Tangerang Selatan). (Skripsi). [Online]. Tersedia di http://repository.uinjkt.ac.id. diakses pada 19 Juli 2013.
Eggen, Paul. dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mangajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.
Marlina. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. [Online]. Tersedia di http://www.jurnal.unsyiah.ac.id. diakses pada 15 September 2014
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widiasarana.
OECD. 2009. PISA 2009 Assessment FrameworkKey Competencies in Reading, Mathematics, Reading, and Science. [Online]. Tersedia di http://www.oecd.org. diakses pada 01 November 2013.
_____. 2014. PISA 2012 Result: What 15 Years Old Know And What They Can Do With What They Know. [Online]. Tersedia di http://www.oecd.org. diakses pada 28 Juli 2014.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.