PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Rika Meiliana Tohar, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effect of learning model of group investigation towards students mathematical creative thinking skill. The design of this research was the pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 1 Bandarlampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into eight classes. The samples of this research were students of VIII-B and VIII-D class which were chosen by purposive random sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical creative thinking skill. The conclusion of this research was the learning model of group investigation has negative influence towards students mathematical creative thinking skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Desain penelitian ini adalah the pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-D yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran investigasi kelompok berpengaruh tidak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Kata kunci: berpikir kreatif matematis, investigasi kelompok, konvensional


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Lela. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII4 SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Unsri Vol. 4 No. 1. [Online]. Tersedia di http://eprints.unsri.ac.id. diakses 12 Oktober 2014.

Asmara, Adi. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Aulia. 2011. Pentingnya Matematika. [Online]. Tersedia di http://albarcenter.blogspot.com. diakses 13 Juli 2013.

Fauziyah, I. N. L. 2013. Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol. 1 No. 1. [Online]. Tersedia di http://eprints.uns.ac.id. diakses 5 Agustus 2014.

Fitriani, Astri. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Lampung: Unila.

Mullis, Ina V.S. et al. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia di http://timssandpirls.bc.edu. diakses 13 Juli 2013.

Noer, Sri Hastuti. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Prajatami, Andi Tenriawaru. 2012. Pengaruh Pembelajaran Presentasi Power Point Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI. [Online]. Tersedia di http://www.academia.edu. diakses 03 September 2014.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukiasti, K., Sadia, I. W. dan Suastra, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integral Reading and Composition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 3. [Online]. Tersedia di http://pasca.undiksha.ac.id. diakses 2 Oktober 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.