ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Ardiyanti Ardiyanti, Haninda Bharata, Tina Yunarti

Abstract


This qualitative-descriptive research aimed to know the student’s errors in solving mathematics word problems viewed by four aspects, such as understanding the question, making model of mathematics, doing calculation, and making conclusions. The subjects of this research were students of VII B class of SMPN 28 of Bandar Lampung in academic year of 2013/2014. The collecting data was done by test and interview. The data analysis was done by data reduction, data display, and conclusion. Based on the result of research, students errors in solving mathematics word problem were: (1) understanding the question (81,03%) (2) making  model of mathematics (56,03%) (3) doing calculation (56,90%) (4) making conclusions (57,76%). The biggest student’s error was understanding the question aspect. This case was caused students weren’t able to solve question systematically.

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari empat aspek, yaitu memahami soal, membuat model matematika, melakukan komputasi, dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 28 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah: (1) memahami soal (81,03%) (2) membuat model matematika (56,03%) (3) melakukan komputasi (56,90%) (4) menarik kesimpulan (57,76%).  Kesalahan terbesar siswa adalah aspek memahami soal. Hal ini disebabkan siswa tidak mampu mengerjakan soal secara sistematis.

Kata kunci: kesalahan, matematika, penyelesaian soal cerita


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Sandar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. [Online]. Tersedia: http://matematika.upi.edu. [02 Februari 2014].

Polya, George. 1985. How To Solve It. 2nd Edition. [Online]. Tersedia: https://notendur.hi.is/hei2. [25 Maret 2014].

Soejadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Solichan Abdullah. 2004. Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsudin. 2003. Kesulitan Siswa Kelas V SD Menggunakan Langkah-Langkah Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Tesis. Surabaya: Unesa.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.