PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Anggi Oktaviarini Komara, Sri Hastuti Noer, Tina Yunarti

Abstract


This research aimed to know the increasing of student’s mathematical communication skill which was taught by  cooperative learning model of TPS type compared to conventional learning. The design of this research was pretest posttest control group design. The population of this research was all grade eight students of Junior High School of Al-Kautsar Bandar Lampung with samples were students of VIIIF and VIIIG class which were taken by purposive random sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical communication skill. The conclusion of this research was cooperative learning model of TPS type could increase the student’s mathematical communication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibandingkan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung dengan sampel siswa kelas VIII F dan VIII G yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif  tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, think pair share


Full Text:

PDF

References


Amalia, Lia. 2013. Pengaruh Penerapan Quantum Learning Prinsip Tandur Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa. Skripsi. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu. [8 Februari 2014].

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus. No. 01. Hlm. 76-89. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu. [30 Juni 2014].

Latifah. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine Terdapat Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Skripsi. [Online]. Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id. [30 Juni 2014].

Mahmudi, Ali. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id. [30 Juni 2014].

Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas. 14 Desember 2012. [Online]. Tersedia: http://edukasi.kompas.com. [30 Juni 2014].

OECD. 2013. Pisa 2012 Results in Focus. [Online]. Tersedia: http://oecd.org. [30 Juni 2014].

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wardhani, Sri dkk. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org. [2 Mai 2014].

Yonandi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 02 No. 02 Hlm. 133-146. [Online]. Tersedia: http://jurnal-pmat.webs.com. [30 Juni 2014].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.