EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Restu Fristady, Sri Hastuti Noer, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning model of TPS type to increase students mathematical conceptual understanding. This research design was posttest only control group design. The population of this research was all students of grade 10thof SMAN 1 Gedongtataan in academic years of 2013/2014. The samples of this research were students of X1 and X2 who were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical conceptual understanding. Based on hypothesis analysis, it was gotten the conclusion that the implementation of TPS learning model was effective to increase students mathematical conceptual understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengeta­hui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gedongtataan tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran TPS efektif diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think pair share 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang–Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Hasan, Qodri Ali. 2012. Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian dengan Menekankan Aspek Pemahaman. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 [Online]. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id. Diakses pada 7 Juni 2014.

Lie, Anita. 2004. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Contextual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM.

Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar kepada Mengembangkan Kompetensi Guru Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Skemp, Richard R. 1987. The Psychology of Learning Mathematics. New Jersey: Lawrence Earlbaum Associates.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.