EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP
Abstract
This experimental research aimed to know the effectiveness of mathematics learning with contextual approach viewed by student conceptual understanding. The sample of this research was all population that was students of grade 8th of SMP Sejahtera 1 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014, as many as 48 students that was distributed into 2 classes, that were VIII-A and VIII-B. According to the hypothesis testing with significant level 5%, it found that the percentage of students mastery learning already exceeded 70%. The conclusion of this research was mathematics learning with contextual approach was effective to be applied viewed by student understanding of mathematical concept.
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu seluruh kelas VIII SMP Sejahtera 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 48 siswa yang terdistribusi dalam 2 kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh bahwa persentase siswa tuntas sudah melampaui 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, pendekatan kontekstual
Full Text:
PDFReferences
Faridah. 2012. Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. [Online]. Tersedia di http://www.lpmpsulsel.net. (22 Mei 2014).
Gagne, Robert M. Teori Belajar Gagne. [Online]. Tersedia di http://blog.uin.malang.ac.id. (16 Januari 2011).
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Herdian. 2010. Kemampuan Pemahaman Matematika. [Online]. Tersedia di http://herdy07.wordpress.com. (28 Agustus 2010).
Hermawan, Leonardo Agung. 2010. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sihono, Teguh. 2004. Contextual Teaching and Learning (CTL) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam KBK. [Online]. Tersedia di https://journal.uny.ac.id. (22 Mei 2014).
Supinah. 2008. Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. [Online]. Tersedia di http://p4tkmatematika.org. (22 Mei 2014).
Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. [Online]. Tersedia di http://p4tkmatematika.org. (21 Mei 2014).
Wijaya, Agung Putra. 2009. Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.