PEMBELAJARAN TPS BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Liza Istianah, Sri Hastuti Noer, M. Coesamin

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of cooperative learning of TPS open-ended problem based viewed by student’s mathematical creative thinking skill. The design which was used was pretest posttest control group design. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 2 Trimurjo in academic year of 2013/2014 that was distributed into eight classes, with the samples were students of VIII D and VIII E class who were taken by purposive random sampling technique. The research data were obtained by test. The conclusion of this research was the cooperative learning of TPS open-ended problem based could increase the student’s mathematical creative thinking skill. Thus, cooperative learning of TPS open-ended problem based was effective viewed by student’s mathematical creative thinking skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif TPS berbasis open-ended problem ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas, dengan sampel yaitu siswa kelas VIIID dan VIIIE yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif TPS berbasis open-ended problem dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif TPS berbasis open-ended problem efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Kata kunci: berpikir kreatif matematis, open-ended problem, TPS


Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahmudi, Ali. 2008. Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id. [diakses pada 13 Desember 2013].

______________. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Makalah disajikan di Konferensi Nasional Matematika XV. [Online]. Tersedia: http://staff. uny.ac.id. [diakses pada 13 Desember 2013].

Mullis, I. V.S., Martin, M. O., Foy, P., and Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics.[Online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu.[diakses pada 13 Desember 2013].

Noer, S. H. 2007. Trend Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

__________. 2011. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended. Prosiding “Pengembangan Pembelajaran MIPA Berorientasi Soft Skill”. [Online]. http:// semnaspendmipa.files.wordpress.com. [diakses pada 13 Desember 2013].

Pehkonen. 1998. Open-Ended Problems: A Method for an Educational Change. University of Turky: Departemen of Teacher Education. [Online]. http://www.clab.edc.uoc.gr. [diakses pada 4 Maret 2014].

Saefudin, A. A. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Al-Badayah, Vol 4 No.1, Juni 2012. [Online]. Tersedia: http://journal.uinsuka.ac.id. [diakses pada 4 Februari 2014].

Sunaryo, dan Yuli, Fitriana. 2012. Implementasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open Ended Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta Edisi 4 Volume 4 Bulan Desember. [Online]. Tersedia: http:// journal. student.uny.ac.id. [diakses pada 16 juni 2014].

Walia, Pooja. 2012. Achievement In Relation to Mathematical Creativity of Eighth Grade Students. Indian Streams Research Journal Vol. 2, Issue.II /March; 12 pp. 1-4. [Online]. Tersedia: http://www.isrj.net. [diakses pada 4 Mei 2014].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.