PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Rusdi Setiono, Sri Hastuti Noer, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effect of the cooperative learning model of group investigation type towards the students mathematical problem solving skill. The research design which was used was posttest only control group design. The population of this research was all grade tenth students of even semester of SMA Paramarta 1 Seputih Banyak in academic year of 2013/2014. The sampling was done by choosing two of four classes randomly. Based on result of data analysis, it was concluded that the cooperative learning model of group investigation type did not effect the students mathematical problem solving skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X semester genap SMA Paramarta 1 Seputih Banyak tahun pelajaran 2013/2014. Penentuan sampel dilakukan dengan memilih dua dari empat kelas secara acak. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: group investigation, konvensional, pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF

References


Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Jannah, Kholifatul. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Unila.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internasional Results in Mathematics. United States: International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

OECD. 2012. PISA 2012: Assesment and Analitycal Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Secretary General of OECD. [Online]. Tersedia http://www.oecd.org. (diunduh pada 25 November 2013).

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Suadi, Ahmad. 2012. Efektivitas Model Group Investigation Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. (Skripsi). Bandar Lampung: Unila.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwondo, Wawan. 2012. Efektivitas Pembelajaran Group Investigation Ditinjau dari Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Unila.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widjajanti, Djamilah Bondan. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. [Online]. Tersedia http://eprints.uny.ac.id. (diunduh pada 20 November 2013).

Yuliani. 2009. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. (Skripsi). Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.