PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Tri Fauji, Tina Yunarti, Sri Hastuti Noer

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of TPS type towards the increasing of the student’s mathematical representation skill. The design of this research was  pretest-posttest control group design. The population of this research was grade 8th students of SMPN 1 Pringsewu in academic year of 2013 / 2014. The samples of this research were students of VIII.4 and VIII.6 class, who were taken by purposive random sampling techniques. Based on the data analysis,it was found that students mathematical representation skill who followed by cooperative learning model of TPS type was higher than direct learning. Thus,it could be concluded that cooperative learning model of TPS type affect towards the increasing of the student’s mathematical representation skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pringsewu tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 dan VIII.6 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi daripada pembelajaran langsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: pembelajaran langsung, representasi matematis, TPS

Full Text:

PDF

References


Duha, Adesnayanti K. 2012. Penerapan Model Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Padang Vol. 1 No.1. Hlm. 4. [Online] http://ejournal.unp.ac.id. pada 21 April 2014.

Lestari, Helen Dea. 2012. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Modified Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internasional Results in Mathematics. United States: IEA.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Puspaningtyas, Nicky Dwi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Setiawan, A., Aima, Z., Pratiwi, M. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat Vol. 2 No. 2. [Online]. http://ejournals1.stkip-pgri-sumbar.ac.id. pada 21 April 2014.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.