PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BELIEF SISWA

Woro Ningtyas, Sugeng Sutiarso, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research aimed to know the increasing of student’s mathematical representation skill and belief which was taught by problem based learning  compared to the conventional learning. The design of this research was pretest posttest control group design. The population of this research was all students of grade 8thof SMPN 3 Pringsewu in academic year of 2013/2014 that was distributed into eight classes. The samples of this research were students of VIII3 and VIII4 class who were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical representation skill and belief scale. The conclusion of this research was the problem based learning could increase the student’s mathematical representation skill, but not increase the student’s belief.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan belief siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Pringsewu tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 dan VIII4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis dan skala belief. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, namun tidak dapat meningkatkan belief siswa.

Kata kunci: belief, kemampuan representasi matematis, pembelajaran berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fauzi, Kms Muhammad Amin. 2010. Belief Siswa yang Berhubungan dengan Matematika Pertanyaan Open-Ended. [Online]. Diakses di http://digilib.unimed.ac.id. pada 8 Juni 2014.

Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi. Bandung: UPI.

Hutagaol, K. 2007. Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Bandung: UPI.

Mullis, Ina V.S., Martin, Michael O, Foy, Pierre, and Arora, Alka. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. [Online]. Diakses di http://timssandpirls.bc.edu. pada 25 April 2014.

OECD. 2013. Pisa 2012 Results in Focus. [Online]. Diakses di http://oecd.org. pada 4 September 2013.

Siburian, Jodion. 2010. Model Pembelajaran Sains. Jambi: Universitas Jambi.

Widjajanti, Djamilah Bondan. 2009. Mengembangkan Keyakinan (Belief) Siswa Terhadap Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. [Online]. Diakses di http://staff.uny.ac.id. pada 20 November 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.