EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Leo Chandra, Sri Hastuti Noer, Tina Yunarti

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning of TGT type viewed by student’s mathematical conceptual understanding. The population of this research was grade 7th students of junior high school state of 8 Bandarlampung in academic year of 2013/2014. The samples of this research were students of VII-E and VII-F class that were determined by purposive sampling technique. The design of this research was post-test only control design. Based on the result of data analysis, it was concluded that the cooperative learning model of TGT type was ineffective viewed by student’s mathematical conceptual understanding of grade 7th students of junior high school state of 8 Bandarlampung in academic years of 2013/2014.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-E dan VII F yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah post-test only control design. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014. 

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep,TGT


Full Text:

PDF

References


Arvianto, Ilham Rais. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis AFL Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 1 No. 7 Hal 672-681. [Online]. Diakses di http://jurnal.pasca.uns.ac.id. [4 April 2014].

Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Komsatun, Siti. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran TGT dan THT dengan Pendekatan RME Ditinjau dari Keaktifan Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 1 No. 7 Hal. 682-689. [Online]. Diakses di http://jurnal.pasca.uns.ac.id. [4 Juni 2014].

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia: timss.bc.edu. [6 Juni 2014].

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus. [Online]. Tersedia: http://oecd.org. [19 Desember 2013].

Prabawati, Estu Hari. 2011. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 1 No. 1 Hal 34-45. [Online]. Diakses di http://jurnal.pasca.uns.ac.id. [4 Juni 2014].

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Setyowati, Anna. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Fan-N-Pick pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecemasan pada Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 1 No. 6 Hal. 602-618. [Online]. Diakses di http://jurnal.pasca.uns.ac.id. [4 Juni 2014].

Slavin, E. Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.