PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE-STEP INTERVIEW

Gesca Sonarita, Haninda Bharata, Rini Asnawati

Abstract


This research aimed to investigate whether cooperative learning model of three-step interview type can increase students’ mathematical communication skill. This research design was pretest-posttest control design. This research population was all students of grade 8th of SMPN 1 Gadingrejo in academic year of 2013/2014 that was distributed into 10 classes. This research samples were students of VIII.1 and VIII.2 class who were taken by purposive sampling technique. Based on data analysis, it was found that students’ mathematical communication skill who followed cooperative learning model of three-step interview type was higher than direct learning model. Thus, it can be concluded that cooperative learning model of three-step interview type can increase students’ mathematical communication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran koope­ra­tif tipe three-step interview dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mate­matis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sam­­pel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 yang dipilih dengan tek­nik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti mo­del pembelajaran kooperatif tipe three-step interview lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bah­­wa model pembelajaran kooperatif tipe three-step interview dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran langsung, three-step interview


Full Text:

PDF

References


Barkley, Elizabert E., Cross, Patricia K., Major, Claire H. 2012. Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Kagan, Spencer. 1990. Cooperative Learning Resource for Teacher. [Online]. Tersedia: www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198912_kagan.pdf‎. [3 Juni 2013].

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do With What They Know. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf. [8 Desember 2013].

Siregar, Syofian. 2012. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiyanto. 2010. Modul Pelatihan SPSS Analisis Perbedaan. [Online]. Tersedia: http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/sugiyantoModulPelatihanSPSS.pdf. [30 Maret 2014]

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Dalam Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol. 01 No. 01. Hal. 1-9. [Online]. Tersedia: http://e-journal. stkipsiliwangi.ac.id /index.php/infinity/article/download/14/8. [13 Mei 2013].

Widjajanti, Bondan D. 2010. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131569335. [13 Mei 2013].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.