PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
This research aimed to know the effect of the implementation of contextual learning to student’s mathematical conceptual understanding. The research design was pretest posttest control group design. The research population was all students of grade 8th of regular class of SMPN 1 Sumberejo Tanggamus in the academic year of 2013/2014 as many as 161 students who were distributed into five classes. The research samples were students of VIIIA and VIIIB class which were taken by purposive random sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical conceptual understanding. Based on the result of hypothesis test, the students mathematical conceptual understanding with contextual learning was higher than conventional learning. Thus, it was concluded that the implementation of contextual learning affect the student’s mathematical conceptual understanding.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII reguler SMPN 1 Sumberejo Tanggamus tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 161 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Jadi, disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pembelajaran konvensional, pembelajaran kontekstual
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Awal, Yani. 2013. Keefektifan Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SD Kelas 4 Kota Ternate. Jawa Barat: Universitas Pasundan. (Online). Tersedia di http://digilib.unpas.ac.id/. (diakses pada 22 April 2014).
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdikbud.
Jumadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya. Yogyakarta: UNY. (Online). Tersedia di http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/jumadi-mpd-dr/ pembelajaran-kontekstual.pdf. (diakses pada 14 Desember 2013).
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Mardianti, Lina. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Bunyi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. (Online). Tersedia di http://repository.uinjkt.ac.id/. (diakses pada 11 April 2014).
Mullis, Ina V.S., Martin, Michael O., Foy, Pierre., and Arora, Alka. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. (Online). Tersedia di http://timssandpirls.bc.edu/timss2011downloads/TI_Mathematics_FullBook.pdf. (diakses pada13 Desember 2013).
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santosa, I Made., Candiasa, I Made., Koyan, Wayan. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gianyar TP 2012/ 2013 Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Denpasar: Undiksha. (Online). Tersedia di http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ep/article/view/702. (diakses pada 22 April 2014).
Suherman, Erman. dkk. 2003. Common Textbook (Edisi Revisi) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif (Konsep, Landasan dan Implementasinya pada KTSP). Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.