PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Yulisa Dewi, Sri Hastuti Noer, Haninda Bharata

Abstract


This quasi-experimental research aimed to know whether the cooperative learning model of numbered heads together type could increase the student’s mathematical conceptual understanding. The design of this research was pretest posttest control group design. The population of this research was all students of grade 7th in even semester of SMPN 2 Trimurjo in academic year of 2013/2014 and the research samples were students of VII-A and VII-B class who were chosen by purposive sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical conceptual understanding. The conclusion of this research was cooperative learning model of numbered heads together type could increase students mathematical conceptual understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Popu­lasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Trimurjo tahun pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII-A dan VII-B yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pembelajaran konvensional, pembelajaran kooperatif tipe NHT


Full Text:

PDF

References


Iru, La dan Arihi, La Ode Safiun. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo.

Kartikasasmi, H. 2012. Penerapan Model Pembelajaran NHT Dengan Pendekatan Sets pada Materi Cahaya untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. (Suatu Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012). Jurnal Unnes Volume 41 Nomor 2 Hal. 122-130. [Online] Diakses di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK pada tanggal 10 November 2014.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMMS 2011 International Result In Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Cenler.

Mustafa, dkk. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal PTK DBE3. Volume Khusus Nomor 2 Hal. 7-14. [Online] Diakses di http://journal.PTK DBE3.ac.id/nju/index.php/Mustafa.dkk pada tanggal 10 April 2014.

Sartika, Dewi. 2011. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Suwiyadi. 2007. Penerapan Model Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Inovatif Unnes Volume 2 Nomor 2 Hal. 86-89. [Online] Diakses di http://journal.unnes.ac.id/2402/suwiyadi.pdf. pada tanggal 17 Februari 2014.

Wijayati, Nanik. 2006. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar. (Suatu Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006). Jurnal Unnes Volume 2 Nomor 2 hal. 281-286. [Online] Diakses di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/nanik-wijayanti.pdf. pada tanggal 17 Februari 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.