PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Endang Pamuji Asih, Pentatito Gunowibowo, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


This research aimed to investigate whether the implementation of cooperative learning model of numbered heads together was effective in increasing student’s mathematical conceptual understanding. This research design was pretest-posttest control design. The research population was all students of grade 8th of SMPN 2 Way Seputih in academic year of 2013/2014 that was distributed into five classes. The research samples were students of VIII E and VIII F class who were taken by purposive random sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical conceptual understanding. Based on hypothesis analysis, it was found the conclusion that the implementation of learning model of numbered heads together was not more effective than conventional learning model in increasing student’s mathematical conceptual understanding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran numbered heads together efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Way Seputih tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E dan VIII F yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran NHT tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: model pembelajaran konvensional, model pembelajaran NHT, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Iru, La dan Arihi, La Ode Saifun. 2012. Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Sardiman A. M. 2005. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Trihendradi, Cornelius. 2005. Step by Step SPSS 17.0 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.