PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Dhea Justisia, Arnelis Jalil, Haninda Bharata

Abstract


This research aimed to know the increasing of student’s mathematical conceptual understanding which was taught by cooperative learning model of think pair square type. The design of this research was pretest-posttest control grup design. The research population was all students of grade 8th of SMP Negeri 10 Metro City in the academic year of 2013/2014. The research samples were students of VIIIC and VIIID class who were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical conceptual understanding. The conclusion of this research was think pair square model could increase the mathematical conceptual understanding of grade 8th students of SMP Negeri 10 Metro City in the academic year of 2013/2014.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe think pair square. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Metro tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model think pair square dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Metro tahun pelajaran 2013/2014.

Kata kunci: pemahaman konsep, pembelajaran kooperatif, think pair square


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Hake R, Richard. 1999. Analyzing Charge Gain Score American Educational Research Association’s Division Measurement and Research Methodology. Tersedia di http://lists.asu.adu/e-gibin. (14 Februari 2014).

Hasyim, Moch Syaefuddin. 2013. Efektivitas Model TPS (Think Pair Square) dan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantuan Macromedia Flash Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi. Semarang: IKIP PGRI. (Online). Diakses di http://eprints.ikip-semarang-ac.id/id/eprint/82 pada 10 Januari 2014.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Mullis, Ina .V.S et al. 2012. TIMSS 2011. International Result Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS dan PIRLS International Study Center.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sartika, Dewi. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 29 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Trihendradi, Cornelius. 2005. Step by Step SPSS 17.0 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Tyasuci, Afni. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Program Linear dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Cooperative Tipe Think Pair Square di SMK Muda Patria Kalasan untuk Siswa Kelas X-C. Skripsi. Yogyakarta: UNY. (Online). Diakses di http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82 pada 10 Maret 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.