PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BELIEF

Maskuroch Adesty, Nurhanurawati Nurhanurawati, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This research aimed to know the effect of cooperative learning model of numbered heads together type towards student’s mathematical communication skill and belief. The design which was used in this research was pretest posttest control group design. The population was all students of grade 7th of SMPN 21 Bandarlampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into eleven classes. The samples were students of VIIA and VIIC class which were taken by cluster random sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical communication skill and belief scale. The conclusion of this research was the cooperative learning model of numbered heads together type affect the student’s mathematical communication skill and belief.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan komunikasi matematis dan belief siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 21 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan skala belief. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan belief siswa.

Kata kunci: belief, kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran kooperatif tipe NHT


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartikasasmi, H. 2012. Penerapan Model Pembelajaran NHT dengan Pendekatan Sets pada Materi Cahaya untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa (Suatu Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Ajaran 2011/ 2012). Jurnal Unnes Vol. 02 No. 02 Hlm. 122-130. [Online] Diakses di http://journal.unnes.ac.id/nju index.php/LIK pada 17 November 2013.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Virgina: NCTM.

Ningsih, Wahyu. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Suatu Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI Jurusan Bangunan SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/ 2013). Skripsi. Bandarlampung: Unila.

Sugiman. 2009. Aspek Keyakinan Matematik Siswa dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA UNY Vol. 02 No. 01 Hlm. 68-79. [Online] Diakses di http://staff.uny.ac.id/sites /default/files/131930135/2009b_KYM.pdf. pada 17 November 2013.

Sukmayasa, I Made Hendra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 03 No. 02 Hlm. 119-127. [Online] Diakses di http://journal.undiksha.ac.id/nju/13/sukmayasa.pdf. pada 17 November 2013.

Suwiyadi. 2007. Penerapan Model Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Inovatif Unnes Vol. 07 No. 01 Hlm. 86-94. [Online] Diakses di http://journal.unnes.ac.id/2402/suwiyadi.pdf. pada 17 November 2013.

Widjajanti, Djamilah Bondan. 2009. Mengembangkan Keyakinan (Belief) Siswa Terhadap Matematika Melalui Pembelajaran Ber-basis Masalah. Jurnal Pendidikan MIPA UNY Vol. 01 No. 01 Hlm. 58-66. [Online] Diakses di http://staff.uny.ac.id/sites /default/files/131569335/makalah%20medan-2.pdf. pada 17 November 2013.

Wijayati, Nanik. 2006. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Suatu Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006). Jurnal Unnes Vol. 02 No.02 Hlm. 281-286. [Online] Diakses di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/nanik-wijayanti.pdf. pada 17 November 2013.

Wirani, Wisnuningtyas. 2012. Kombinasi Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswa yang Diberi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Tipe STAD (Student Teams Achievement division) (Suatu Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 5 Depok, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012). Jurnal Pendidikan Matematika UNY Vol.01 No.01 Hlm. 67-74. [Online] Diakses di http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/article/81/43/2.pdf. pada 17 November 2013.

Yonandi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.02 No.02 Hlm. 133-146. [online]. Diakses di http://jurnal-pmat.webs.com/JURNAL_25-072011_Yonandi_133_146.docx pada 17 November 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.