PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT

Mella Triana, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research aimed to know the increasing of student’s mathematical communication skill and self-concept which was taught by problem based learning as compared to the conventional learning. The design of this research was pretest posttest control group design. The population was all students of grade 8thof regular class of SMPN 4 Bandarlampung in academic year of 2013/2014 that were distributed into eight classes. The samples were students of VIIIE and VIIIG class who were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical communication skill and self-concept scale. The conclusion of this research was the problem based learning could increase the student’s mathematical communication skill, but not increase the student’s self-concept.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-concept siswa yang mengikuti PBM dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII reguler SMPN 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIE dan VIIIG yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self-concept. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PBM dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self-concept siswa.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran berbasis masalah,  self-concept


Full Text:

PDF

References


Douglas, Andrew. 2000. Math Anxiety, Math Self-Concept, and Performance in Math. Canada: Faculty of Education Lakehead University. [online]. Diakses di http://www.collectionscanada.gc.ca/obj/s4/f2/dsk1/tape3/PQDD_0015/MQ54511.pdf pada tanggal 1 September 2013.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus. No.01. Hlm. 76-89. [online]. Diakses di http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf pada tanggal 1 September 2013.

Izzati, Nur. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, tanggal 27 November 2010. [online]. Diakses di http://bundaiza.files.wordpress.com/2012/12/komunikasi_matematik_dan_pmr-prosiding.pdf pada tanggal 2 Januari 2014.

Murmanto, Melanie D. 2007. Pembentukan Konsep Diri Siswa melalui Pembelajaran Partisipatif. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol 04 No. 08 Hlm. 66-74. [online]. Diakses di http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.%2066-74%20Pembentukan%20Konsep%20Diri.pdf pada tanggal 1 Januari 2014.

Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas. 14 Desember 2012. [online]. Diakses di http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434 pada tanggal 1 September 2013

Nirmalawati. 2011. Pembentukan Konsep Diri pada Siswa Pendidikan Dasar dalam Memahami Mitigasi Bencana. Jurnal SMAR-Tek Vol. 09 No. 01 Hlm. 61-69. [online]. Diakses di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/SMARTEK/article/download/620/538 pada tanggal 2 Januari 2014.

OECD. 2013. Pisa 2012 Results in Focus. [online]. Diakses di http://oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf pada tanggal 4 September 2013.

Rahman, Rizki. 2012. Hubungan antara Self-concept Terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol. 01 No. 01. [online]. Diakses di http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/download/14/8 pada tanggal 4 September 2013.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Ke-mampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 02 No. 02 Hlm. 68-73. [online]. Diaskses di http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Wawasan%20Pendidikan/PBL%20Model.pdf pada tanggal 3 September 2013.

Supriyanti, Dwi. 2012. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Klego Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Jawa Tengah: Universitas Kristen Satya Wacana. [online]. Diakses di http://repository.library.uksw.edu/bitstream/hajndle/123456789/1813/T1_132008046_Judul.pdf?sequence=1 pada tanggal 2 September 2013.

Usmeldi. 2013. Penerapan Pendidikan Karakter melalui Pembelajar-an Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Padang. Artikel dipresentasikan pada Semirata FMIPA Unila 2013. [online]. Diakses di http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/download/715/535 pada tanggal 4 Januari 2014.

Wardhani, Sri dkk. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [online]. Diakses di http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SMP/4.INSTRUMEN%20PENILAIAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20.....pdf pada tanggal 2 September 2013.

Yonandi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 02 No.02 Hlm. 133-146. [online]. Diakses di http://jurnal-pmat.webs.com/JURNAL_25-072011_Yonandi_133_146.docx pada tanggal 5 September 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.