PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Adi Saputra, Sugeng Sutiarso, Rini Asnawati

Abstract


The contextual approach is the learning concept which assist teacher to attach the subjects and student’s real situation and pushing student’s to connecting their knowledge and it’s application in daily life. The purpose of this research was to know the effect of implementation of contextual learning approach towards student’s mathematics achievement. The research design was one-shot case study. The population of this research was all grade 8 students of SMP Negeri 4 Bukit Kemuning. The samples of this research were students of VIII-A class which obtained randomly from three classes who have balance prior knowledge. The data of research was student’s mathematic achievement which obtained by formative test. Based on the result of analysis, it was known that the contextual approach gave the effect towards mathematics achievement in significant level 5%. 

Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa. Desain penelitian ini adalah one-shot case study. Popu­lasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bukit Kemuning. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang diambil secara acak dari 3 kelas yang memiliki kemampuan awal matematika yang relatif seimbang. Data penelitian berupa hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui tes formatif. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan taraf signifikasi 5%.

Kata kunci: hasil belajar, pendekatan kontekstual, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Cahya Prihandoko, Antonius. 2006. Memahami Konsep Matematika dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Muhfahroyin. 2006. Pembelajaran Kontekstual untuk Integrasi Imtaq. Malang: Lembaga Penelitian UM Metro Press.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2010. PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do, Student Performance In Reading, Mathematics And Science, Volume I.

Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.