EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS CTL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Susi Maryani, Sugeng Sutiarso, Gimin Suyadi

Abstract


This quasi experimental study aimed to determine the effectiveness of STAD cooperative learning model in CTL based viewed by understanding of mathematical concepts. The population of this study was all grade eight students in second semester of SMP Negeri 1 Bangunrejo in academic year of 2013/2014 as many as 192 that distributed into 6 classes. The sampling of this study used purposive sampling technique and obtained 2 classes that were VIII-A and VIII-F. The design that was used was post-test only design. STAD was implemented into seven components of CTL that were constructivism, discovery, inquire, community learning, modeling, reflection, and authentic assessment. Based on the results of hypothesis testing, it was known that the average of score of students’ understanding of mathematical concepts of  STAD in CTL based was higher than the average of score of students’ understanding of mathematical concepts in conventional learning. Thus, it was concluded that the cooperative learning model of STAD type in CTL based was effective viewed by understanding of mathematical concepts.

Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CTL ditinjau dari pemahaman konsep matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Bangunrejo tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 192 siswa yang terdistribusi pada 6 kelas. Pengambilan sampel  penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih 2 kelas yaitu VIIIA dan VIII F. Desain yang digunakan adalah post-test only design. STAD dilaksanakan dengan menyertakan tujuh komponen CTL yang meliputi konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penelitian autentik. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui rata-rata skor pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran STAD berbasis CTL lebih dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan model kooperatif tipe STAD berbasis CTL efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis.

Kata kunci: CTL, model kooperatif tipe STAD, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Beroreintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sesmiarni, Zulfani. 2008. Strategi Pembelajaran dengan Memberdayakan Kecerdasan untuk Mencapai Hasil Belajar yang Optimal. [online]. Tersedia di http://sweetyhome.wordpress.com/2008/06/20/strategi-pembelajaranyang-mencerdaskan/Juni 20, 2008. (diakses pada 20 September 2013).

Slavin, E. Robert. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

______________. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Gama Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.