ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Sri Wahyuni Kurnia D, Sugeng Sutiarso, Tina Yunarti

Abstract


This qulitative-descriptive research was aimed to know the student’s errors in solving word problems in mathematic learning and the cause of the errors. The subjects were students of VII A class of Junior High School state 20 of Bandar Lampung in academic year of 2013/2014. The data was collected by test and interview. The data analysis was done by data reduction, data display, and conclusion. Based on the research results, it was known that students errors in solving word problem were understand the problem, make model of mathematics, do counting, and make conclusions. It was caused by the lack interest and motivation of students towards mathematics.

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika dan penyebab kesalahan tersebut.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu kesalahan memahami soal, membuat model matematika, melakukan perhitungan, dan menarik kesimpulan.  Hal ini disebabkan oleh rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran matematika.                                  

Kata kunci: kesalahan, matematika, penyelesaian soal cerita


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. [Online]. Tersedia: http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.%2011-21%20Minat %20dan%20motivasi%20belajar.pdf (16 Maret 2013).

Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Frandsen, Arden N. 1961. Educational Psychology. Jakarta: Mc. Grow Hill Book Company,Inc.

Haji, Saleh. 1994. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas V SD Negeri Percobaan Surabaya. Tesis: PPs IKIP Surabaya. [Online]. Tersedia: http://library.um.ac.id/free-contents/download/pub/pub.php/7683.pdf (16 Maret 2013).

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahardjo, Marsudi dan Astuti Waluyati. 2011. Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. [Online]. Tersedia: http://www.p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SD/9.PEMBELAJARAN%20SOAL%20CERITA%20OPERASI%20HITUNG%20....pdf (16 Maret 2013).

Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.