PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
This quasi experimental study aimed to analyze the effect of the implementation of cooperative learning model of think pair share type towards student’s conceptual understanding of mathematics. The population in this study was all grade eight students in second semester of SMP Negeri 1 Terbanggi Besar in academic year 2012/2013 as many as 210 students that distributed into 6 classes. The sampling in this study used purposive sampling technique so it obtained 2 classes that were VIIIB and VIIIC. The design used in this study was posttest only design. Based on the analysis of data, it found that the student’s conceptual understanding of mathematics by cooperative learning model of think pair share type was better than student’s conceptual understanding of mathematics by conventional learning. Thus, it could be concluded that there was an influence of cooperative learning model of think pair share type towards student’s conceptual understanding of mathematics.
Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 210 siswa yang terdistribusi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu VIIIB dan VIIIC. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Arend, Richard I. 2004. Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill Companies.
Bennu, Sudarman. 2010. Pemahaman Konsep. [online]. Tersedia: http://sudarmanbennu.blogspot.com/2010/02/pemahaman-konsep.html. (14 Mei 2012).
Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Guza, Afnil. 2009. Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. Jakarta: Asa Mandiri.
Juliantara, Ketut. 2009. Pembelajaran Konvensional. [online]. Tersedia: http://www.kompasiana.com/ikpj. (20 Desember 2011).
Lie, Anita. 2004. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Rohman, Abdul. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Ruseffendi. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sriudin. 2011. Model Pembelajaran Think Pair and Share. [online]. Tersedia:http://www.sriudin.com/2011/07/model-pembelajaran-think-pair-share.html. (20 November 2011).
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiman. 2006. Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Makalah Lokakarya Pengembangan Model-Model Pembelajaran Matematika Sekolah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.