PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
This was a experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of cooperative integrated reading and composition (CIRC) type towards student’s mathematical problem solving ability. CIRC is one of type of cooperative learning model where the students in a small group that consist of four or five students for discussing the problem. The design of this research was posttest only design. The population was all grade seven students in even semester of Junior High School State Pelita Cabang Empat Abung selatan in academic year 2012/2013. The samples were students of VII B and VII C class who chosen by purposive sampling technique. The data research was obtained by test of student’s mathematical problem solving ability. Based on hypothesis testing result, it concluded that cooperative learning model of CIRC type influenced student’s mathematical problem solving ability.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. CIRC merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat atau lima orang tiap kelompoknya untuk mendiskusikan suatu masalah. Desain yang digunakan adalah posttest only desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Pelita Cabang Empat Abung Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB dan VIIC yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: CIRC, kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Azizah. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. [online]. Tersedia di http://AZIZAH-FITK(1).pdf(SECURED). (diakses pada 23 November 2013).
Mullis, Ina V.S. et al. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia di http://timssandoirls.bc.edu/timss2011/downloads/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf. (diakses pada 16 Februari 2013).
Nafi’an, M.I. 2011. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender di Sekolah Dasar. Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan Tema “Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran” di Jurusan Pendidikan FMIPA UNY, 3 Desember 2011. [online]. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/article/2819/30/article.pdf. (diakses pada 26 november 2013).
Sukiastini, Kade. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. [online] Tersedia di http://paska undiksa.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_article/view/760. (diakses pada 25 November 2013).
Suyitno, Amin. 2005. Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yuliana, Atik. 2013.Penerapan Model Cooperative Learning Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan. [online]. Tersedia di http://articleB4DE0263B53B5833C4FEACF38A22C3C9.pdf. (diakses tanggal 23 November 2013).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.