Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP IT Izzuddin Palembang dengan Model Problem Based Learning (PBL)

Ari Amanda, Nila Kesumawati, Ismi Yuliana

Abstract


 

This classroom action research aims to determine whether the implementation of the Problem Based Learning (PBL) teaching model can enhance students' mathematical communication skills on the topic of two-dimensional shapes for eighth-grade students of Zaid Bin Tsabit Middle School IT Izzuddin Palembang in the second semester of the 2023/2024 academic year. The research was conducted in two cycles, encompassing four stages: planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were 20 students from the 8th-grade class Zaid Bin Tsabit. Data were obtained through a mathematical communication skills test. Based on the research and analysis conducted, it was found that the implementation of the Problem Based Learning (PBL) model has a positive impact on improving the mathematical communication skills of eighth-grade students of Zaid bin Tsabit Middle School IT Izzuddin Palembang in the second semester of the 2023/2024 academic year. This is evidenced by a significant improvement in mathematical communication skills between Cycle I and Cycle II. In the first cycle, the average score for mathematical communication skills reached 47.57, but in the second cycle, this average score increased to 72.75. Thus, there was an increase of approximately 36.68% in students' mathematical communication skills.

 

Keywords: classroom action research; problem based learning; students’ mathematical communication skill

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII Zaid Bin Tsabit SMP IT Izzuddin Palembang semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus mencakup empat tahap yakni perencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Zaid Bin Tsabit yang berjumlah 20 orang. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan penelitian dan analisis yang dilakukan, didapati bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak positif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis para siswa kelas VIII Zaid bin Tsabit SMP IT Izzuddin Palembang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Ini terbukti dari peningkatan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis antara Siklus I dan Siklus II. Pada Siklus pertama, rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis mencapai 47,57, namun pada Siklus kedua, rata-rata nilai tersebut naik menjadi 72,75. Dengan demikian, terjadi peningkatan sekitar 36,68% dalam kemampuan komunikasi matematis siswa.

 

Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis; penelitian tindakan kelas; problem based learning



DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i2.pp123-137



References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Binjai, S. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salapian Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1), 53-58. https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.154

Corebima, M. A. Y., Garak, S. S., dan Samo, D. D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56-65. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9–18. http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Ismail, R. N., Mudjirin, & Neviyarni. (2019). Membangun Karakter Melalui Implementasi Teori Belajar Behavioristik Pembelajaran Matematika Berbasis Kecakapan Abad 21. MENARA Ilmu, 13(11), 76–88. https://doi.org/10.31869/mi.v13i11.1649

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniati, O., Sumadji, & Suwanti, V. (2019). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi) , 1(4), 29–36. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.3649

Layliyyah, R., Wisudaningsih, E. T., & Rahayu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 345–351. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5231

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20196

Nurmalisa. (2017). Pendidikan Generasi Muda. Yogyakarta: Media Akademi.

Oktaviyanthi, R., Agus, R. N., & Supriani, Y. (2015). PISA Mathematics Framework dalam Penelusuran Mathematical Literacy Skill Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 7(1), 77–85. https://doi.org/10.31227/osf.io/z2qsf

Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) , 4(1), 19–028. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.10491

Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika : Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263–278.

Wulandari, I. A. D., Pujawan, I. G. N., & Suarsana, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19885

Yuniartiningsih, Nusantara, T., & Parta, I. N. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berseting Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Kepanjen Pada Materi Peluang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 127–136. http://dx.doi.org/10.17977/um076v1i22017p127-136


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.