Analisis Kemampuan Literasi Numerasi ditinjau dari Engagement Mahasiswa: Model Team Based Project Berbasis Virtual Ethnomathematic

Siti Maryatul Kiptiyah, Nursiwi Nugraheni, Feylosofia Putri Agry

Abstract


Numeracy is the ability to use mathematical numbers to solve problems. Problem solving abilities can master students if they are fully involved in learning physically and emotionally. Student involvement in learning is meant to be engagement. So far, student engagement in learning during the pandemic and post-pandemic has decreased. This has impact on the low achievement of learning objectives. The aim of this article is to improve numeracy literacy skills in terms of student involvement as a form of implementation of the virtual Ethnomathematic-based Team Based Project. The research used Quasy Experiment method with data collection techniques through observation, questionnaires, numeracy literacy tests, and documentation. The population of this research is students of the geometry and measurement learning course class of 2022. The sampling technique used purposive sampling, 2 groups were selected. Determination of control and experimental classes was carried out randomly. Data analysis of learning outcomes uses t-test. The results of the research show that the learning method applied in the experimental group was more effective in improving students' skills of literacy and numeracy. There was an increase in student learning outcomes with more than 75% of students getting a score above 70. The increase in the completeness of student learning outcomes, increasingly the higher the student engagement, the higher the numeracy literacy ability.

 

Keywords: ethnomathematics; numeracy literacy; student engagement; team based project

 

Abstrak

Numerasi merupakan kemampuan menggunakan berbagai macam angka matematik untuk menyelesaikan berbagai masalah. Kemampuan pemecahan masalah dapat dikuasai, apabila siswa dapat terlibat secara penuh dalam pembelajaran, baik secara fisik maupun emosional. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang dimaksud adalah engagement. Selama ini engagement mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran selama pandemi dan pascapandemi mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada rendahnya ketercapaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian tujuan artikel ini adalah meningkatkan kemampuan literasi numerasi mahasiswa ditinjau dari engagement mahasiswa dalam pembelajaran sebagai bentuk implementasi model Team Based Project berbasis virtual Ethnomathematic. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy Experiment dengan teknik pengumpulan data melaui observasi, angket, tes literasi numerasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa mata kuliah pembelajaran geometri dan pengukuran angkatan 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dipilih 2 rombel. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan secara acak. Analisis data dari hasil belajar menggunakan t-test. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada kelompok eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam hal literasi dan numerasi, terjadi peningkatan ketercapaian hasil belajar mahasiswa yang menunjukkan lebih dari 75% mahasiswa mendapatkan nilai di atas 70. Peningkatan ketuntasan hasil belajar mahasiswa, semakin tinggi student engagement maka semakin tinggi pula kemampuan literasi numerasinya.

 

Kata Kunci: engagement mahasiswa; ethnomathematics; literasi numerasi; team based project

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp24-38


References


Basri, et all. (2021). Investigasi Kemampuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2): 72- 79.

Chapman, E. (2003). Alternative Approaches to Assessing Student Engagement Rates. Practical Assessment Research & Evaluation, 8(13): 1-7.

Fredricks, J.A., Blumenfeld, P.C., Paris, A.H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of educational research spring 3004. 74(1), 59- 109.

Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving Numeracy Education in Rural Schools: A Professional Development Approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129.

Hewi, La., dan Shaleh, Muh. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assessment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1):30-41.

Indrawijaya,S., Siregar, A.P. (2022). Peningkatan Kreativitas melalui Penerapan Pembelajaran Team Based Learning Project pada Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual. Jurnal Ilmiah Dikdaya. 12(1), 268-273.

Jafari, Z., (2018). A Comparison Of Conventional Lecture And Team Based Learning Methods In Terms Of Student Learning And Teaching Satisfaction. Medical Journal of the Islamic Republic of Iran 28(5):1-8.

Jamaluddin, Daud, dan Indahari. (2022). Student Engagement dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(4): 173-182.

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61-66.

Retnoningsih, et all. (2018). Pendidikan Konservasi. Semarang: UNNES PRESS.

Riyaningrum, W., Isnaeni,N., Rosa, E.M. (2021). Pentingnya Team Based Learning (TBL) pada Mahasiswa Keperawatan untuk Meningkatkan Kerja Sama Tim: A Literatire Review. Nursing Science Journal. 2(1), 17-26.

Rosidah, C.T., Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. 7(2), 245-251.

Sa’adah, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Semarang. Empati, 7(1), 69–75.

Trisnani, N., & Utami, W. T. P. (2021). Ethnomathematics-Based Learning Tools. International Journal of Elementary Education, 5(4), 593–600. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.40574.

Wuryanto, dan Abduh. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li (diunduh pada 10 Maret 2023).

Yustitia, dan Kusmaharti. (2020). Pengaruh Team Based Project Learning terhadap Numerasi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Transformasi :Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika,6 (1): 39-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.