Media Geogebra dan Kertas Berpetak untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Situasi Discovery Learning
Abstract
This research aims to determine the effect of Geogebra and checkered paper on improving mathematical critical thinking skills in Discovery Learning situations. The population in this study was all class IX students of SMP Negeri 2 Seputih Agung, totaling 151 students distributed in five classes. The sample was selected using a cluster random sampling technique to obtain two classes. The research design used was the randomized pretest-posttest control group design. This research data is in the form of quantitative data obtained from test instruments for students' mathematical critical thinking abilities that have met valid and reliable criteria. Based on the results of data analysis using the Mann-Whitney U test with α=0.05, it was concluded that in learning using the discovery learning model, the increase in students' mathematical critical thinking skills in classes that used Geogebra media was higher than in checkered paper media.
Keywords: checkered paper; discovery learning; geogebra; mathematical critical thinking
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Geogebra dan kertas berpetak terhdap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dalam situasi Discovery Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Seputih Agung sebanyak 151 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U dengan diperoleh kesimpulan bahwa pada pembelajaran menggunakan model discovery learning, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas yang menggunakan media Geogebra lebih tinggi dibandingkan media kertas berpetak.
Kata Kunci: berpikir kritis matematis; discovery learning; geogebra; kertas berpetak
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alikhlas, Rukhmana, T., Liliana, W. O. F., & Sasminta, P. R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(4), 13119-13128. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2313.
Anjarwati, D. (2022). Studi Meta-Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2417-2427. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1506.
Apiati, V. & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630.
Apriliana, L. P., Handayani, I., & Awalludin, S. A. (2019). The Effect of a Problem Centered Learning on Student’s Mathematical Critical Thinking. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(2), 124-133. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i2.8386.
Fathurrahman & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 33-40. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2497.
Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. [Unpublished article]. Johannes Kepler Univesity Linz and Paris Lodron University of Salzburg.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hutajulu, K. C. & Soesanto, R. H. (2023). Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 29-44. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v11i1.2475.
Jelatu, S., Sariyasa, & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: MISSIO, 10(2), 162-171. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.167.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu. (2013). Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal Mudarissuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 23 Tahun 2006.
Mahmudi, A, (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program Geogebra. Makalah. Dalam: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Mashuri, D. K. & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal PGSD FIP Unesa, 8(5), 893-903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876/31984.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015: International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Centre.
Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 1-14. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/viewFile/1627/1380.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Pradnyana, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan GeoGebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Fase E Perhotelan 4 SMK Negeri 1 Sukasada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 101-109. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3178.
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 145-157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613.
Rahmawati, S. I., Ulya, H., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Smatris (Smart & Kritis) Apps Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3071-3083. https://j-innovative.org/index.php/Innovative.
Ratnawati, H., Handayani, I., & Hadi, W. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 44-51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683.
Ruhmana, E.Y., Zuhri, M. S., Utami, R. E., & Susilowati, P. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 159-168. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.159-168.
Sari, D. M., Armanto, D., & Panjaitan, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 5 Mandau pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 111-120. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2634.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. [Artikel tidak diterbitkan]. IAI Agus Salim.
Septrianto, M. I., Jumadi, & Suhendar, U. (2019). Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 78-90. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.797.
Sitompul, E. S., Panjaitan, S. M. Panjaitan, & Sitepu, C. P. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Standar Pisa Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Sipispis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8586-8599. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1413.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widari, N. A. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. [Artikel tidak diterbitkan]. Universitas Riau.
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180-194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.