Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Penerapan Merdeka Belajar Berdasarkan Teori Wallas

Mesa Riwanda, Nurul Anriani

Abstract


The research focuses on students' creative abilities in implementing Merdeka Belajar. This research aims to describe students' creative thinking abilities in the creative category in the application of Merdeka Belajar based on Wallas' Theory. This research is descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this research were two students from class VII, totaling 28 students. The instruments used are test instruments in the form of description questions and non-test instruments in the form of interview guides. Data analysis techniques will be carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. Testing the validity of the data was carried out using a credibility test in the form of technical triangulation. The research results found that the creative thinking abilities of junior high school students in the creative category in the application of Merdeka Belajar showed that students in the creative category had different understandings and solutions. The difference lies in fulfilling the stages of creative thinking based on Wallas's Theory. Therefore, based on the analysis of this research, teachers can apply Merdeka Belajar which refers to Wallas's Theory in mathematics lessons.

 

Keywords: creative thinking ability; merdeka belajar; wallas theory

 

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada kemampuan kreatifitas siswa dalam penerapan Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpkir kreatif siswa dengan kategori kreatif pada penerapan Merdeka Belajar berdasarkan Teori Wallas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih dua siswa dari kelas VII yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen non-tes berupa pedoman wawancara. Teknik analisis data akan dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas berupa triangulasi teknik. Hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dengan kategori kreatif pada penerapan Merdeka Belajar menunjukan bahwa siswa kategori kreatif memiiki pemahaman dan cara penyelesaian yang berbeda-beda. Perbedaan terletak pada ketercapaian dalam memenuhi tahapan berpikir kreatif berdasarkan Teori Wallas. Oleh karena itu, berdasarkan analisis penelitian ini, guru dapat menerapkan Merdeka Belajar yang mengacu pada Teori Wallas dalam pelajaran matematika.

 

Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif; merdeka belajar; teori wallas

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp64-74


References


Amalia, Anisa, Sugiatno, and Dede Suratman. 2018. “Proses Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Tahapan Wallas Di SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):1–10.

Anggara, Ari, Amini, FAridah, Maria Siregar, Muhammad Faraiddin, and Nila Syafrida. 2023. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5:1899–1904.

Anggreini, Dewi, and Eko Priyojadmiko. 2022. “Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omricon Dan Era Society 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022 1(1):82.

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astria, Restu, and Anggun Badu Kusuma. 2023. “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 6(2):112–19. doi: 10.30605/proximal.v6i2.2647.

Faradillah, Ayu, and Annisa Maulida. 2022. “Students ’ Creative Thinking Ability Assisted Augmented Reality Based on Visualizer-Verbalizer Cognitive Style.” 8(June):659–74.

Hanipah, Neng, Anik Yuliani, and Rippi Maya. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran.” Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro 7(1):154–62.

Huliatunisa, Yayah, Elang Wibisana, and Lensi Hariyani. 2020. “Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah.” Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) 1(1):56–65. doi: 10.31000/ijoee.v1i1.2567.

Hussen, Saddam, Dinawati Trapsilasiwi, Didik Sugeng Pambudi, Lutfi Andriana, and Dhanar Dwi Hary Jatmiko. 2019. “Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Berdasarkan Teori Wallas Ditinjau Dari Adversity Quotient.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 07(1):340–49.

Kemdikbud. (2023). Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik danPembelajaran Berkualitas. Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Lin, Cheng Shih, and Ryan Ying Wei Wu. 2016. “Effects of Web-Based Creative Thinking Teaching on Students’ Creativity and Learning Outcome.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 12(6):1675–84. doi: 10.12973/eurasia.2016.1558a.

Listiyana Putri, Yohana Daning, , Sutriyono, and Fika Widya Pratama. 2019. “Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Berdasarkan Teori Wallas.” Jurnal Karya Pendidikan Matematika 6(1):71. doi: 10.26714/jkpm.6.1.2019.71-84.

Malikah, Siti, Winarti Winarti, Fitri Ayuningsih, Muh Rifki Nugroho, Sumardi Sumardi, and Budi Murtiyasa. 2022. “Manajemen Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4):5912–18. doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3549.

Manik, Hanter, Agustina C B Sihite, Farida Sianturi, Simon Panjaitan, and Agusmanto J. B. Hutauruk. 2022. “Tantangan Menjadi Guru Matematika Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Omicron Covid-19.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):328–32. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3048.

Miladiah, Sofa Sari, Nendi Sugandi, Rita Sulastini, Sekolah Pascasarjana, and Universitas Islam Nusantara. 2023. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung.” 9(1):312–18. doi: 10.58258/jime.v9i1.4589/http.

Montoito, Rafael. 2023. “(Int) Creativity and Creative Thinking : A Practical Study on the Models of Wallas and Hadamard Introduction : Creativity in the Production of Student Mathematics Videos.” 1–17. doi: 10.20396/zet.v31i00.8671675.

Muhtadi, Dedi. 2017. “Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):1–12.

Muliardi, Muliardi. 2023. “Mengembangkan Kreativitas Dan Karakter Bangsa Melalui Kurikulum Merdeka Di Madrasah.” Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 2(1):1–12. doi: 10.56113/takuana.v2i1.68.

Ningsih, Ningsih. 2023. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di UPT SMP Negeri 9 Gresik.” DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan 29(1):144. doi: 10.30587/didaktika.v29i1.5326.

Pangestu, Nanda Sriretno, and Tri Nova Hasti Yunianta. 2019. “Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert Dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8(2):215–26. doi: 10.31980/mosharafa.v8i2.472.

Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):7174–87. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Rispandi, Muhammad, and Muhammad Rizal Usman. 2020. “Profil Proses Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Wallas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar.” Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) 3(3):67–80.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wulandari, Aisyah Sri, Rachayuni, and Arif Widiyatmoko. 2023. “Penerapan Alur Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” 241–51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.