Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Phytagoras

Santy Setiawati, M. Coesamin, Rini Asnawati, Nurain Suryadinata

Abstract


This study aims to describe the junior High School Students’ Mathematical Representation Ability on the Topic of Pythagoras. Qualitative research was used in this study with a descriptive approach. The subject of this study were 28 students at eighth grade from SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. The instrument used in this study was mathematical representation ability test. The mathematical representation ability test was prepared based on indicators of mathematical representation ability. This result of this study showed that the indicator of mathematical representation ability mastered by students was solving problems involving mathematical expressions correctly at 88.1%. Several learning models and interactive teaching materials are needed to improve mathematical representation abilities.

 

Keywords: junior high school students; mathematical representation; phytagoras theorem

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa SMP kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan representasi matematis. Instrumen tes kemampuan representasi matematis yang digunakan sesuai dengan indicator kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indicator representasi matematis yang dikuasai oleh siswa adalah indicator menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis dengan benar, dimana persentase siswa yang dapat menyelesaikan masalah teorema phytagoras sebesar 88,1%. Diperlukan beberapa model pembelajaran dan bahan ajar interaktif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis.

 

Kata Kunci: representasi matematis ; siswa SMP; teorema phytagoras

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i4.pp287-298


Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Ahmad, J., Rahmawati, D., & Anwar, R.B. 2020. Proses Translasi Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika yang Berorientasi pada High Order Thinking Skills. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol. 9, No.3, Hal. 631-640, http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2886.

Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hayatunnizar. 2016. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Pendidikan Matematika Realistik pada Konsep Pecahan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sibreh. Jurnal Didaktik Matematika, 3 (2): 119 – 128.

Huda, U., Musdi, E. & Nari, N. 2019. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ta’dib, Vol.22, No.1, http://dx.doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226.

Kemdikbud. 2016. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., dan Effendi, K. N. S. 2020. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110, http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., Widada, W. 2019. Analisis Kesulitan Representasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol.04, No.2, hal.202-210, https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9819.

Rangkuti, A. N. 2013. Representasi Matematis. Jurnal Logaritma, Vol. 1, No. 2, https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.222.

Ruhyana. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 10, No.2, Hal. 106-118.

Sugiarti, T., Suwito, A., & Ummah, F.R. 2022. Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan PISA Konten Space and Shape ditinjau dari Adversity Quotient. Pythagoras, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.17, No.2, hal.441-450, https://doi.org/10.21831/pythagoras.v17i2.47686.

Syafitri, N., Ellianti, Annisa, D. 2022. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di MTsN 2 Aceh Besar. Jurnal Peluang, Vol. 10, No.2, hal. 31-44, https://doi.org/10.24815/jp.v10i2.28175.

Syafri, F. S. 2017. Kemampuan representasi matematis dan kemampuan pembuktian matematika. Jurnal e-DuMath, 3(1), https://doi.org/10.52657/je.v3i1.283.

Wijaya, C. B. 2018. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran pada Kelas VII-B Mts Assyfi’yah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115–124.

Wahyuningrum, A.S. 2021. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyajikan Representasi Visual Data Statistik pada Mata Kuliah Biostatistika. Edubiologia, Biological Science and Education Journal, Vol.1, No.1, hal.30-40, http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8083.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.