Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Logaritma Melalui Media Pembelajaran LOGAMATHICS

Sephia Rahayu Purnama, Ika Santia, Lina Rihatul Hima

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan media pembelajaran LOGAMATHICS pada materi logaritma. Media pembelajaran LOGAMATHICS (Logarithm of Mathematics) merupakan aplikasi berbasis android yang dapat digunakan oleh guru sebagai alat untuk mempermudah siswa dalam memahami materi logaritma. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Plemahan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pemahaman konsep siswa melalui pretest dan posttest. Analisis data penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data telah terdistribusi normal dan memperoleh kategori “Sedang” dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,59 serta pada uji paired sample t-test diperoleh nilai  yang berarti  ditolak dan  diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LOGAMATHICS efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi logaritma.

References


Ardina, V., & Baskara, A. (2015). Penerapan Strategi Belajar Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII.3 SMP Negeri 25 Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. PEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2990

Astuti, L. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif, 40-48. doi: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293

Danuri, M. (2019). Pengembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 116-123. doi: https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.178

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 1-5. doi: https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Elida, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 178-185. doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.p178-185

Hidayat, P. W. (2018). Analisis Profil Minat Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Matematika SD Pada Mahasiswa S1 PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal LEMMA, 62-74. doi: https://doi.org/10.22202/jl.2018.v4i2.2748

Miftahuddin, U. A., Hobri, F., & Martikusuma, R. P. (2019). Pengembangan Game Android Berbantuan Software Construct 2 pada Materi Pola Bilangan. VYGOTSKY. doi: https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.135

Ndeot, F., & Jaya, P. R. (2021). Deschooling dan Learning Loss pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Pernik : Jurnal PAUD, 18-28. doi: https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6794

Purnama, S. R., Dari, S. W., Ilham, S. M., Kristianti, L., Prasetyani, T. J., & Nurfahrudianto, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Geometry Of Mathematics (GEOMATHICS) Dengan Metode Gamifikasi Untuk Mengatasi Learning Loss Pasca Pandemi. Jurnal Koulutus, 1-13. doi: https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i2.825

Purnama, S. R., Kamilah, A., Damayanti, I. M., Dari, S. W., & Santia, I. (2023). Understanding Logarithmic Concept: How to Develop LOGAMATHICS Media Validity Instruments? IJRR (International Journal of Research and Review). doi: https://doi.org/10.52403/ijrr.20230816

Sabilla, N. I., Ahmadi, & Rokhman, M. S. (2023). Upaya Mengatasi Masalah Berhitung Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar Melalui Pengembangan Game Fish Math Berbasis Construct 2. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. doi: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/28423

Santriani, S., Mahmud, R. S., & Isnawati, I. (2019). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Matematika Kelas VII. DELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 51-66. doi: https://dx.doi.org/10.31941/delta.v7i2.888

Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma. Jurnal AKSIOMA, 80-92. doi: https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3744

Syarifuddin, A. (2015). Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran MURDER Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Palopo. IAIN Palopo.

Wicaksono, S. (2016). The Development Of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 In Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 122-139. doi: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734

Zakiy, M. A., Syazali, M., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika Android Media Development in Mathematics Learning. Jurnal Triple S, 87-96. Retrieved from https://jurnal.unsur.ac.id/triple-s/article/view/377


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.