Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Change and Relationship Level 3 dan 4

Sekar Wulan Dari, Bambang Agus Sulistyono, Samijo Samijo

Abstract


This study is motivated by Indonesia's low results in PISA, supported by the findings of previous studies which show that students still face difficulties in solving PISA questions, especially on the content of change and relationship level 3 and above. In addition, the results of observations by researchers show that students have difficulty in understanding algebraic story problems, especially in converting problems into mathematical models. The purpose of this research is to produce mathematical problems of PISA model level 3 and 4 on the content of change and relationship for junior high school students that are valid, practical, and have potential effects. This research uses the Research and Development (R&D) research type with the ADDIE development model. The results of this study are question instruments have received very valid criteria with a percentage of 90.8% based on validation tests by experts. This question instrument has also received a practical category with a percentage of 95.9% based on the small group test, so that the question is suitable for field testing. In the field test, to assess the potential effect, the average student score was 85.52 which has a very good category, with 79% of students successfully getting a very good score category. Based on the results of this study, it can be concluded that the questions developed by researchers are valid, practical, and have potential effects, so they are suitable for use.

 

Keywords: change and relationship content; PISA; research and development

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil Indonesia dalam PISA, didukung oleh temuan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa siswa masih menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan soal PISA, terutama pada konten change and relationship level 3 keatas. Selain itu, hasil observasi oleh peneliti menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita aljabar, khususnya dalam mengubah masalah ke dalam model matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal matematika model PISA level 3 dan 4 pada konten change and relationship untuk siswa SMP yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah instrumen soal telah mendapat kriteria sangat valid dengan persentase 90,8% berdasarkan uji validasi oleh ahli. Instrumen soal ini juga telah mendapat kategori praktis dengan persentase 95,9% berdasarkan uji kelompok kecil, sehingga soal tersebut layak untuk diuji coba di lapangan. Dalam uji lapangan, untuk menilai efek potensial, rata-rata nilai siswa adalah 85,52 yang memiliki kategori sangat baik, dengan 79% siswa berhasil mendapatkan kategori nilai sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa soal yang dikembangkan oleh peneliti adalah valid, praktis, dan memiliki efek potensial, sehingga layak digunakan.

 

Kata Kunci: konten change and relationship; penelitian pengembangan; PISA

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i2.pp111-122


References


Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Candra, A. I., Zulkardi, Z., & Yusuf, M. (2017). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAl PISA TAHUN 2012 LEVEL 4, 5, DAN 6 DI SMP N 1 INDRALAYA. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 43–58. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2143.

Fitri, Z. A.; Haryanti, N. (2020). Metodologi penelitian pendidikan : kuantitatif, kualitatif, mixed method, dan research and development. Madani Media.

Hawa, Anni Malihatul; Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitta, 01(2615–6598), 12–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Kemendikbud. (2014). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum, 13, 13,23. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Munayati, Z., zulkardi, & Santoso, B. (2015). Kajian Soal Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 9(2), 188–206. http://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.2.2161.188 - 206

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

Satiti, W. S., Iftidaiyah, & Khotimah, K. (2021). Soal Matematika Model PISA Konten Change and Relationships untuk Menunjang Literasi Matematis Peserta Didik. EPiC, 3(4), 425–432.

Simalago, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2017). Kesulitan iswa Dlama Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pad konten Change And Relationship Level 4, 5, Dan 6 Di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 43–58.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujadi, I., Budiyono, B., Kurniawati, I., Wulandari, A. N., Andriatna, R., Puteri, H. A., & Nurmalitasari, A. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Soal Matematika PISA-Like. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 315–328. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4781

Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Change and Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), Knpmp I, 199–209.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.